Tanker Kokuka Courageous yang dihantam ledakan ditarik menuju UAE

id Kokuka Courageous,Serangan tanker,Teluk Oman

Kapal tanker terbakar setelah diserang di teluk Oman, Kamis (13/6/2019). Puluhan anak buah kapal berhasil diselamatkan setelah ledakan terjadi pada kapal Kokuka Courageous dan kapal Front Altair. Operator kapal Kokuka Courageous mengatakan 21 anak buah kapal (ABK) telah dievakuasi sedangkan 23 ABK kapal Front Altair milik Norwegia juga berhasil dievakuasi. ANTARA FOTO/ISNA/Handout via REUTERS/pras.

Dubai (ANTARA) - Satu dari dua tanker yang dihantam ledakan pada Kamis di Teluk Oman, Kokuka Courageous kini aman untuk ditarik dan sedang menuju pelabuhan Kalba Uni Emirat Arab (UAE), selatan Fujairah, kata operator kapal pada Jumat.

Manajemen Kapal Bernhard Schulte, memperbarui pernyataan sebelumnya yang menyebutkan bahwa kapal sedang menuju pelabuhan Khor Fakkan.

Pejabat perusahaan menuturkan kapal telah dialihkan karena terjadi penumpukan baik di Khor Fakkan maupun di Fujairah.

Sebelumnya, perusahaan teknik kelautan Belanda Boskalis mengatakan pihaknya ditunjuk untuk menyelamatkan kapal dan tanker Front Altair yang dioperasikan oleh Frontline.

"Kapal Kokuka Courageous stabil. Penafsiran kerusakan akan dilakukan, namun tidak ada bahaya kapal tenggelam dan tidak ada muatan ataupun bahan bakar yang hilang," bunyi pernyataan tersebut.

Amerika Serikat dan Inggris menuding Iran atas serangan dua tanker di Teluk Oman. Teheran membantah semua tuduhan yang ditujukan kepadanya.

Insiden pada Kamis itu menyebabkan lonjakan harga minyak sekaligus meningkatkan kekhawatiran tentang konfrontasi baru antara AS dan Iran.

Sumber: Reuters

 

Pewarta : Asri Mayang Sari
Editor: Eliswan Azly
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar