Jakarta (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta menempatkan sebanyak 40 tempat sampah dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) hingga kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, untuk persiapan perayaan HUT ke-492 DKI Jakarta.

"Kita menyiapkan dustbins (tempat sampah) sebanyak 40 dustbins untuk Night Festival dan puncak HUT DKI," ujar Pengawas Operasional Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Abdurrahman, Jumat.

Penempatan tempat sampah ini mulai dilakukan sejak Jumat siang sebagai bentuk kesiapan Pemprov DKI Jakarta dalam menggelar perayaan HUT ke-492 ibu kota tersebut.

Tong sampah berkapasitas 660 liter ini ditempatkan dengan rentang jarak 50 hingga 100 meter. Penempatan itu dilakukan agar masyarakat yang akan datang menyaksikan perayaan HUT DKI tidak kesulitan saat membuang sampah.

"Kita menempatkannya lebih awal, soalnya untuk antisipasi animo masyarakat datang ke Bundaran HI tinggi pada Jumat sekarang," kata dia.

Tak hanya menyebar puluhan tong sampah, sekitar 10 unit mobil penyapu jalan (Sweeper) akan disiagakan di sekitar Bundaran HI. Mobil penyapu jalan ini akan beroperasi terutama usai seluruh rangkaian acara selesai dilaksanakan.

Di sisi lain, dia juga mengimbau kepada masyarakat yang akan datang menyaksikan perayaan HUT DKI Jakarta untuk membantu petugas kebersihan dalam menjaga keindahan kota.

Menurutnya, HUT DKI ini harus dijadikan pula sebagai momentum untuk bersama-sama mengubah wajah Ibu Kota menjadi semakin baik, terutama perihal meminimalisir produksi sampah.

"Bagi mereka yang berkunjung ke Friday Night saya imbau cobalah buang sampah pada tempatnya. Dengan demikian kita membantu program dinas lingkungan hidup untuk membersihkan Kota Jakarta," kata dia.
Baca juga: Panggung perayaan HUT ke-492 Jakarta sudah mulai terpasang
Baca juga: Sejumlah Kantor Kelurahan di Jakarta Utara dihias jelang HUT DKI
Baca juga: Terowongan Jalan Kendal dimural untuk sambut HUT DKI Jakarta

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019