Makassar (ANTARA) - Pertamina (persero) wilayah Marketing Operation Region (MOR) VII Sulawesi menyalurkan program kemitraan yakni pinjaman modal usaha total mencapai Rp3,4 miliar yang ditujukan untuk lima jenis sektor usaha yakni perdagangan, industri, pertanian, jasa dan sektor peternakan.

"Semuanya telah dilakukan survei, dan memenuhi syarat," ujar Unit Manager Commucation dan CSR Pertamina MOR VII, Hatim Ilwan di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa.

Selain itu, sebanyak 57 mitra binaan yang berasal dari berbagai daerah di Provinsi Sulsel hadir dalam penandatanganan perjanjian penyaluran Program Kemitraan bertempat di Kantor PT Pertamina (Persero) MOR VII jalan Garuda nomor 1 Makassar.

Pihak pertamina berharap dengan bantuan permodalan ini maka pengusaha UMKM di Sulsel bisa menjadi saudagar sukses asalkan tekun menjalankan usahanya.

Dari 57 mitra binaan tersebut, kata dia merinci, sebanyak 18 orang berasal dari Kabupaten Gowa, 14 orang dari Takalar, empat orang dari Jeneponto, satu orang dari Luwu, dua orang dari Kota Pare-pare, serta 18 orang dari Kota Makassar.

"Sepuluh diantaranya adalah mitra binaan eksisting yang telah melunasi pinjamannya dan ingin mengembangkan usahanya dengan kembali menjadi mitra binaan Pertamina," papar Hatim.

Tercatat hingga bulan Juni tahun 2019, Pertamina MOR VII sudah menyalurkan dana Program Kemitraan sebesar Rp 4,3 miliar kepada para pengusaha kecil dan menengah di Sulawesi. Pihaknya akan terus meningkatkan penyaluran hingga akhir tahun ini.

Untuk jangka waktu peminjaman, maksimal tiga tahun dengan jasa administrasi sebesar 3 persen saldo menurun per tahun.

Hadirnya program ini, tambah Hatim, diharapkan mampu meningkatkan para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) ini menjadi lebih tangguh dan mandiri.

"Kita berharap mitra binaan yang saat ini berstatus pengusaha UMKM ini juga bisa lebih sukses dan menjadi saudagar besar," tambahnya.

Penyaluran yang dilaksanakan di GOR Pertamina MOR VII ini berlangsung ramai, dihadiri oleh mitra binaan yang membawa serta pendamping masing-masing.

Dalam acara ini tidak hanya melakukan penandatanganan perjanjian tetapi juga dirangkaikan dengan pembekalan untuk seluruh mitra binaan.

Pembekalan dilakukan untuk memberikan berbagai informasi untuk para calon mitra terkait peminjaman yang dilakukan.

Ruslan Nako salah satu mitra binaan dari Makassar yang hari ini menandatangani perpanjangan pinjamannya mengaku senang bisa menjadi bagian dari mitra binaan PT Pertamina. Semula omzet penjualannya hanya berkisar Rp4 juta per bulan.

"Saya Senang sekali, setelah terima pinjaman dari Program Kemitraan Pertamina, omzet saya menjadi naik hingga Rp7 juta per bulan," beber pengusaha bergerak di sektor konveksi itu.

Baca juga: Pertamina Sudah Salurkan Dana Kemitraan Rp800 Miliar
Baca juga: Pertamina salurkan Rp1,4 miliar ke UMKM Jatim
Baca juga: Pertamina-Perindo fasilitasi program kemitraan untuk 514 petambak udang

 

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019