Program BlueCARES bertujuan untuk menyusun suatu strategi karbon biru sebagai skema yang efektif untuk meningkatkan upaya masyarakat dalam pelestarian ekosistem pesisir dan sekaligus berkontribusi pada mitigasi perubahan iklim global.
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendorong kerja sama antara Indonesia dan Jepang yang berfokus kepada ekosistem karbon biru yang juga terkait dengan upaya mewujudkan sumber daya laut berkelanjutan.

Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM), Sjarief Widjaja dalam siaran pers di Jakarta, Kamis, memaparkan tentang Program BlueCARES yang merupakan program kerja sama antara Indonesia-Jepang yang berfokus pada ekosistem karbon biru.

"Program BlueCARES bertujuan untuk menyusun suatu strategi karbon biru sebagai skema yang efektif untuk meningkatkan upaya masyarakat dalam pelestarian ekosistem pesisir dan sekaligus berkontribusi pada mitigasi perubahan iklim global," ucapnya.

Dengan mengusung motto "aksi lokal yang berdampak lokal dan global", lanjutnya, strategi ini akan dicapai melalui integrasi penelitian dalam bidang geokimia, ekologi, geomatika, modeling, dan sosial-ekonomi untuk mengetahui dinamika karbon biru pada sistem hulu-hilir.

Selain itu, ujar dia, kajian kuantifikasi jasa ekosistem juga dilaksanakan untuk mengetahui pemanfaatan ekosistem pesisir yang lestari.

"Pembentukan Core-and-Network System atau CNS adalah salah satu dari keluaran utama program SATREPS - BlueCARES," paparnya.

CNS ditargetkan sebagai suatu kemitraan nasional sukarela, namun sistematis dan terkoordinasi antara universitas dan lembaga-lembaga terkait yang memiliki visi masa depan yang berkelanjutan untuk lingkungan dan masyarakat pesisir Indonesia.

CNS juga dapat dipandang sebagai suatu jaringan kerja untuk melaksanakan berbagai penelitian, koordinasi, dan monitoring ekosistem pesisir, termasuk ekosistem karbon biru (mangrove dan lamun).

CNS akan diatur dan diimplementasikan pada lokasi-lokasi program SATREPS-BlueCARES menggunakan sistem kluster yang terdiri dari universitas, lembaga riset, lembaga swadaya masyarakat, maupun pemerintah daerah.

BlueCARES adalah program kolaborasi antara Indonesia dan Jepang dalam aspek blue carbon yang dilaksanakan sejak 2017-2022.

Salah satu output utama BlueCARES adalah pengembangan laboratorium karbon biru yang berlokasi di Instalasi Teknologi Perikanan, Pasar Minggu, Jakarta. Target lokasi program BlueCARES adalah Coral Triangle, yang merupakan pusat keanekaragaman hayati laut dunia.
Baca juga: IKM agro Fukuoka bidik peluang kerja sama dengan RI

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019