Para penggiat antinarkoba ini nantinya akan melakukan sosialisasi gerakan P4GN berkoordinasi dengan lurah dan aparat setempat, serta melaporkan berbagai indikasi penyalahgunaan narkoba serta masyarakat yang perlu direhabilitasi.
Mataram (ANTARA) - Badan Narkotika Nasional Kota Mataram mencanangkan Kelurahan Pagutan Timur menjadi kelurahan bersih narkoba (bersinar) sebagai salah satu program pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN).

"Dengan harapan penanganan penyalahgunaan narkoba di Wilayah Kota Mataram bisa lebih optimal," kata Kepala Badan Nasional Narkotika Kota (BNNK) Mataram Nur Rachmat di Mataram, Kamis (27/6).

Kegiatan pencanangan Kelurahan Pagutan Timur sebagai "kelurahan bersinar" ditandai dengan pengukuhan 50 orang relawan dan penggiat antinarkoba sebagai perpanjangan tangan BNNK Mataram dalam melakukan berbagai program P4GN yang dirangkaikan dalam kegiatan puncak Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2019, pada Rabu (26/6) di Lapangan Karang Genteng, Mataram.

Ia mengatakan para penggiat antinarkoba ini nantinya akan melakukan sosialisasi gerakan P4GN berkoordinasi dengan lurah dan aparat setempat, serta melaporkan berbagai indikasi penyalahgunaan narkoba serta masyarakat yang perlu direhabilitasi.

Ke depan, katanya, pencanangan "kelurahan bersinar" akan diperbanyak lagi dengan terlebih dahulu dilakukan evaluasi terhadap kemajuan gerakan P4GN di kelurahan tersebut terutama untuk pemberdayaan dan partisipasi masyarakat serta peran dari keluarga.

Baca juga: BNNK Mataram lakukan tes urine sopir angkutan Lebaran

"Dalam upaya P4GN keluarga menjadi benteng utama. Kalau keluarganya baik-baik, Insya Allah penyalahgunaan narkoba bisa kita tekan," katanya.

Ia mengatakan, beberapa kegiatan setelah pembentukan "kelurahan bersinar" tersebut, menyiapkan dan memfasilitasi pembentukan awig-awig, satgas, penggiat, termasuk kesinambungan operasionalnya di masing-masing kelurahan.

"Pembentukan kelurahan bersinar sebagai salah satu pelaksanaan Inpres No. 6 tahun 2018, karenanya dukungan yang diberikan pemerintah kota kita harapkan dapat mempercepat pelaksanaan rencana aksi nasional P4GN," katanya.

Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana mengatakan,  akan memberikan dukungan terhadap pembentukan "kelurahan bersinar", karenanya pemerintah kota akan memberikan dukungan anggaran melalui APBD Kota Mataram yang telah dimasukkan sebagai salah satu usulan program dalam Musyawarah Pembangunan Bermitra Masyarakat (MPBM) Kota Mataram.

"Selain itu untuk memberikan payung hukum yang lebih tegas, akan disusun Peraturan Daerah mengenai P4GN," ujarnya. 

Baca juga: Pemkot Mataram dukung pembentukan kelurahan bersih narkoba
Baca juga: Mataram bentuk 10 lingkungan bebas narkoba



 

Pewarta: Nirkomala
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019