Daop Madiun apresiasi komunitas pecinta KA terlibat posko Lebaran

id Daop Madiun,Daop 7 Madiun,PT KAI,KAI,Railfans,komunitas pecinta KA,Posko angkutan lebara,lebaran 2019

Para anggota Railfans saat beramah tamah dalam kegiatan Silaturahmi dan Tasyakuran PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun dengan Railfans di Madiun, Kamis (27/6). (Antara/Humas Daop Madiun)

Madiun (ANTARA) - PT KAI (Persero) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun memberikan apresiasi yang tinggi kepada sejumlah komunitas pecinta KA atau "Railfans" di wilayah kerjanya yang secara sukarela terlibat memberikan pelayanan kepada para penumpang selama masa Posko Angkutan Lebaran tahun 2019 berlangsung.

"Kegiatan ini adalah ajang silaturahmi kami dengan teman-teman Railfans. Kami sangat mengapresiasi karena teman-teman dari Railfans telah membantu memberikan pelayanan ke masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dan balik selama posko lebaran," ujar Vice President PT KAI Daop 7 Madiun Wisnu Pramudyo dalam kegiatan Silaturahmi dan Tasyakuran PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun dengan Railfans di Madiun, Kamis.

Menurut Wisnu, ke depannya nanti pihaknya akan kembali menggandeng para komunitas pecinta kereta api tersebut untuk dilibatkan dalam agenda posko angkutan penumpang yang lebih banyak, di antaranya Posko Angkutan Lebaran tahun berikutnya dan Posko Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

"Melalui kegiatan ini, kami manajemen Daop 7 Madiun juga mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan dari teman-teman Railfans selama masa angkutan Lebaran kemarin," kata dia.

Sejauh ini baru terdapat lima komunitas pecinta KA di Daop 7 Madiun yang tersebar di lima stasiun besar wilayah setempat. Yakni Komunitas Pecinta Kereta Api Lingkup Madiun ( Pecel+63 ) di Madiun, Railfans Blitar, Railfans Enam Delapan di Kediri, Railfans Jombang +43 di Jombang, dan Railfans Kota Marmer +85 di Tulungagung.

Masing-masing komunitas pencinta KA tersebut memiliki anggota yang bervariasi jumlahnya, yakni di kisaran 20 hingga 60 orang. Mereka kebanyakan adalah pelajar tingkat SMP dan SMA di kota/kabupaten setempat.

Sementara, salah satu railfans, Rindu mengaku senang dengan kegiatan yang digelar oleh manajemen Daop 7 Madiun tersebut. Selain bangga karena pengetahuan dan kecintaannya terhadap kereta api bisa bermanfaat bagi orang lain, melalui kegiatan tersebut ia bisa bersilaturahmi dengan railfans daerah lainnya.

"Kami sangat senang dan berterima kasih karena Daop 7 Madiun sudah mengundang untuk hadir di acara ini. Kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahni kami dengan pimpinan Daop Madiun serta teman-teman railfans kota lain di Daop Madiun," katanya yang merupakan anggota Railfans Kota Marmer +85 Tulungagung.

Adapun selama Posko Angkutan Lebaran 2019, terdapat sejumlah tugas yang dikerjakan para anggota railfans tersebut secara sukarela. Di antaranya, mengantarkan penumpang agar tak salah nomor kursi dan masuk gerbong, membantu penumpang penyadang cacat, membantu membawakan tas milik penumpang, membantu penumpang yang kebingungan melakukan "boarding" dan "chek in", memberitahukan jadwal keberangkatan kereta, dan masih banyak lainnya.

Selama Posko Angkutan Lebaran 2019 PT KAI (Persero) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun telah melayani sebanyak 686.460 orang. Jumlah itu naik lima persen dibanding tahun 2018 yang mencapai 654.870 penumpang. Masa angkutan Lebaran 2019 PT KAI berlangsung dari tanggal 26 Mei hingga 16 Juni.

Pewarta : Louis Rika Stevani
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar