Mamuju (ANTARA) - Jamaah calon haji (JCH) Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat akan diberangkatkan ke Embarkasi Makassar, Sulawesi Selatan dengan menggunakan empat bus Damri dan satu bus milik pemerintah kabupaten.

"Jamaah calon haji asal Kabupaten Pasangkayu akan diberangkatkan menggunakan bus menuju Asrama Haji Makassar. Pemberangkatannya ditanggung pemerintah daerah," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasangkayu H Mustafa Tangngali, Kamis.

Jumlah JCH Pasangkayu pada tahun ini kata Mustafa, sebanyak 175 orang yang terbagi dalam dua kelompok terbang (kloter), yakni kloter 10 dengan 155 JCH dijadwalkan akan berangkat pada 12 Juli dan Kloter 33 dengan jumlah JCH 20 orang dijadwalkan berangkat pada 29 Juli 2019.

Pemberangkatan JCH dari Pasangkayu itu lanjutnya, di antar menggunakan empat bus Damri dan satu bus pemerintah daerah.

"Pemberangkatan JCH ke Asrama Haji di Kota Makassar semua ditanggung oleh pemerintah daerah termasuk makan dan minumnya di perjalanan," ujar Mustafa.

Ia berpesan agar para JCH tetap menjaga kesehatan dan memperbanyak shalat sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci.

"Hal ini bertujuan agar kondisi jamaah yang akan berangkat dalam keadaan sehat," kata Mustafa.

Sementara itu, Sekretaris Kabupaten Pasangkayu Firman mengimbau seluruh JCH agar tetap menjaga kebersamaan dan kekompakan, baik sejak dari embarkasi hingga di Tanah Suci nanti.

"Saat di Mekkah jangan terpisah-pisah, jangan jalan sendiri, agar tidak menyusahkan rombongannya. Jika ada keperluan lain harus izin kepada ketua regu atau ketua rombongan. Kemudian ketua regu atau ketua rombongan memang harus penuh kesabaran. Menunaikan ibadah haji bukan hanya menyangkut hubungan dengan Allah, tapi juga persembahan untuk hubungan sesama manusia," terang Firman.

Ia juga menghimbau JCH Pasangkayu untuk melatih fisik dan menjaga kesehatan karena cuaca di Mekkah dengan di tanah air cukup jauh berbeda.

"Tidak perlu banyak-banyak membawa makanan karena disana sudah disiapkan dengan baik. Masalah kendaraan juga tidak perlu dikhawatirkan, disana sudah disiapkan. Doa kami semoga sejak pemberangkatan hingga kembali nanti semuanya sehat walafiat serta menjadi haji yang mabrur," pesan Firman.
Baca juga: Embarkasi Makassar mulai gunakan pemeriksaan biometrik
Baca juga: Embarkasi Makassar sudah berangkatkan 5.446 calon haji

Pewarta: Amirullah
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2019