Relawan Amerika Bersatu sambut baik putusan MK

id Sidang MK, sengketa pilpres, pilpres 2019, relawan Jokowi

Relawan Jokowi-Ma’ruf yang tergabung dalam Amerika Bersatu yang menyatukan 36 negara bagian di Amerika Serikat. Mereka menyambut baik putusan MK soal sengketa pilpres yang diputuskan di Jakarta, Kamis (27/6/2019). (Istimewa)

Jakarta (ANTARA) - Relawan Jokowi-Ma’ruf yang tergabung dalam Amerika Bersatu yang menyatukan 36 negara bagian di Amerika Serikat menyambut baik keputusan Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi yang menolak gugatan pasangan capres-cawapres 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Kami dari Amerika Bersatu dengan ini mengucapkan selamat kepada Presiden Jokowi dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin yang dengan sabar dan bijak telah menunggu proses gugatan hukum Paslon 02," kata Koordinator Amerika Bersatu Ronny Rusli dari Dallas, Texas, dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Jumat dini hari.

Dengan keputusan akhir Mahkamah Konstitusi yang menolak gugatan tersebut atas dasar tidak adanya bukti-bukti yang kuat, kata Ronny, sekarang saatnya untuk bersatu menuju Indonesia maju.

Ia juga mengatakan para relawan akan terus siap mendukung kinerja pemerintah RI untuk mencegah pertumbuhan paham radikal dan intoleransi di Indonesia.

"Beberapa dari kami telah membicarakan kelanjutan kerja sama Indonesia-Amerika Serikat dengan beberapa instansi di Indonesia. Kami sebagai masyarakat Indonesia yang tinggal di rantau merasa terpanggil untuk memperjuangkan misi ini untuk menjaga keutuhan NKRI,” jelas Ronny.

Baca juga: Jokowi berterima kasih pada MK yang putus sengketa dengan adil

Baca juga: Sidang MK usai, Jokowi ajak rakyat bersatu bangun Indonesia

Baca juga: Jokowi sebut proses Pilpres sebagai pendewasaan berdemokrasi


Hal senada disampaikan oleh Syaiful Hamid, salah satu sesepuh Amerika Bersatu dari New York.

"Lega sekali rasanya. Kami Relawan Jokowi New York telah mempersiapkan acara syukuran dan pemotongan tumpeng pada 29 Juni mendatang di untuk merayakan kemenangan ini," ujarnya.

Syaiful, yang juga telah merelakan rumahnya dijadikan posko relawan sejak hampir setahun yang lalu ini melanjutkan bahwa tema syukuran kali ini adalah Unity Picnic (Piknik Persatuan).

"Teriring doa kami untuk kesehatan Pak Jokowi dan KH Ma’ruf Amin. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pak Jusuf Kalla yang telah menemani Pak Jokowi pada periode pertama," kata pria asal Makassar, Sulawesi Selatan, itu.

Ungkapan kegembiraan juga datang dari para relawan di Las Vegas yang tergabung dalam #LasVegas4Jokowi.

"Hari ini kami yg berada di Las Vegas berbahagia sekali atas keputusan ini. Kami percaya bahwa Pak Jokowi dan KH Maruf Amin adalah pemimpin yang amanah. Pak Jokowi, Pak Amin, selamat menjalankan tugas negara mengawal NKRI untuk lima tahun mendatang," ujar Shanty Jones, yang selama ini mengkoordinir kegiatan relawan di Nevada dan sekitarnya.

Dari Hawaii, Lusy Van Dyke selaku koordinator #Hawaii4Jokowi menyatakan bersyukur atas keputusan Mahkamah Konstitusi.

"Mari kita bersatu, bersama-sama bergandengan tangan dari Sabang sampai Merauke. Kami di rantau, dari pantai barat sampai pantai timur, lanjut terus sampai ke Hawaii, pasti akan terus mendoakan dan mari kita terus saling mendukung," ujarnya.

Tidak ketinggalan ucapan selamat juga datang dari wakil millenials Amerika Bersatu Kevin Herjono dari Los Angeles, California.

"Kami para millenials pendukung Jokowi-Amin di Amerika Serikat percaya bahwa kemenangan ini adalah udara segar bagi nama besar NKRI untuk lebih berjaya lagi di dunia internasional," ujar animator andalan Indonesia itu.

Selain di New York, para relawan #DC4Jokowi yang telah bertransformasi menjadi #DC4Indonesia juga akan menyelenggarakan acara halalbihalal pada 30 Juni mendatang. Acara ini bertujuan merangkul seluruh masyarakat Indonesia di Washington, D.C. dan sekitarnya. Acara ini akan diramaikan dengan tumpengan dan liwetan, bersama 999 tusuk sate.

"Apa pun pilihan politiknya, pada hari ini, kita akan berkumpul bersama untuk rekonsiliasi," kata Tricia Sumarijanto, penggagas gerakan Amerika Bersatu sekaligus presiden organisasi itu.

Pewarta : Sigit Pinardi
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar