Jakarta (ANTARA)-- Perusahaan minyak dan Gas Asal Thailand PTT Exploration and Production (PTTEP) bersama Dompet Dhuafa melantik 100 duta sehat yang siap mengabdi untuk menuntaskan permasalahan kesehatan di Indonesia.

Direktur CSR Dompet Dhuafa Social Enterprise Herdiansyah menjelaskan, 100 Duta Sehat yang terpilih adalah dari kalangan mahasiswa dengan latar belakang pendidikan kedokteran, kesehatan masyarakat, dan ilmu gizi. Para calon Duta Sehat dipilih dari berbagai universitas, antara lain Universitas Indonesia, Trisakti, Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, dan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta.

”Penghargaan dan penyematan 100 Duta Sehat Indonesia ini diharapkan mampu mendorong individu dan masyarakat untuk terus berkontribusi untuk negeri terutama di bidang kesehatan,” kata Herdiansyah di Jakarta, Jumat.

Program pemilihan 100 Duta Sehat sendiri dilakukan melalui Gerai Sehat Rorotan yang didirikan PTTEP dan Dompet Dhuafa sejak 2014 lalu, sekaligus sebagai puncak peringatan HUT ke-4 gerai sehat tersebut. Gerai Sehat Rorotan merupakan fasilitas kesehatan untuk masyarakat umum dan dhuafa yang mengusung visi dan misi ikut mensukseskan program-program kesehatan Kementerian Kesehatan.

Herdiansyah melanjutkan sebelum terpilih menjadi duta sehat Indonesia, kandidat duta sehat wajib mengikuti serangkaian seleksi proposal, presentasi, dan penjurian yang dilakukan oleh para dokter yang berasal dari berbagai universitas. 

"Selanjutnya, 100 Duta sehat yang terpilih akan mendapatkan bantuan program guna mendukung kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan," ungkap Herdiansyah

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Public Relation and Afairs Ofcer PTTEP Irwan Mardelis menjelaskan selain memilih 100 Duta Sehat, Gerai Sehat Rorotan PTTEP dan Dompet Dhuafa juga memberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh nasional, aktivis, dan selebritis yang berkontribusi di bidang kesehatan. 

"Proses seleksi dan penilaian dilakukan bersama oleh Gerai Sehat Rorotan PTTEP-Dompet Dhuafa dan Forum Ikatan Alumni Kedokteran Seluruh Indonesia (FIAKSI)," jelas Irwan

Terdapat tiga kategori dalam penghargaan ini yaitu Ketegori Pemimpin Publik Berdedikasi dalam mendukung kebijakan kesehatan masyarakat dengan terpilih sebagai pemenang yaitu: Prof. dr Ali Ghufron Mukti M.Sc., Ph.D. (Wakil Menteri Kesehatan 2011 – 2014 dan Rektor Universitas Trisakti), Ir. H. Mohammad; Ramdhan Pomanto (Walikota Makassar Periode 2014 - 2019; dan dr. Hj.Faida, MMR (Bupati Jember Periode 2016 – 2021).

Kategori Aktivis Kesehatan Inspiratif terpilih yaitu: dr. Gamal Albinsaid (dokter, wirausahawan sosial, CEO Indonesia Medika); Dr. dr. Damayanti R. Sjarif, Sp.A(K) (Pakar Penyakit Nutrisi Metabolik Anak); dan Prof. dr. Sri Suparyati,Sp.A.(K),Ph.D. (Peneliti Ahli Penyakit Diare pada Anak).

Sedangkan untuk Kategori Artis/Tokoh Publik yang Berkomitmen Dalam Menjaga dan Mengedukasi Pola Hidup Sehat terpilih dr. Lula Kamal dan Titiek Puspa. 


Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2019