Jakarta (ANTARA) - Zomato mencatat pada Mei 2019, ada 1.057 restoran baru yang bermunculan di wilayah Jakarta, sementara 375 restoran terpaksa tumbang di tengah jalan per bulan lalu .

"Dari jumlah 1.057 restoran yang tumbuh dan 375 tutup pada bulan Mei, menjadikan Jakarta sebagai salah satu kota di Asia dengan pertumbuhan kuliner yang sangat pesat yaitu sebanyak 746. Angka itu terbilang sangat fantastis," kata Vamsi Reddy, Country Manager Zomato Indonesia dalam acara Zomato Skillet dikutip dari keterangan resmi, Minggu.

"Namun tumbuh saja tidak cukup karena mereka juga harus berkembang dan harus tetap sustainable," ujar Reddy.

Zomato mengadakan Zomato Skillet, yang merupakan sebuah kelas master yang disajikan untuk seluruh pengusaha kuliner. Zomato membahas tentang pentingnya menjaga kelangsungan usaha kuliner dengan cara memahami konsumen.

Ada beberapa tahap yang harus dilakukan oleh pengusaha restoran untuk memahami konsumen mereka.

Hal yang pertama adalah menciptakan segmentasi untuk bisnis kuliner. Mencari tahu demografis dari konsumen dari sisi usia, pekerjaan, gender dan geografis, menciptakan banyak alasan agar konsumen datang ke restoran Anda dan yang paling penting adalah mengaplikasikan aspek-aspek dalam industri kuliner.

Aspek terakhir paling penting, pengusaha kuliner akan lebih mudah memahami karakteristik dan juga perilaku konsumen mereka lewat dunia digital. Banyak konsumen yang menemukan restoran, membayar hingga mempromosikan restoran lewat digital.

Baca juga: Santapan croissant kotak di kafe Singapura cabang Jakarta

Baca juga: PLUSEIGHTTWO, kafe Eunkwang BTOB untuk pencinta K-pop Jakarta

 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019