Jakarta (ANTARA) - Juru Bahasa Isyarat (JBI) turut mendampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat melepas rangkaian parade Jakarnaval 2019 di depan Balai Kota, Jakarta Pusat, Minggu sore.

JBI yang bertujuan sebagai media atau menjembatani kesenjangan komunikasi antara tuli dengan nontuli maupun sebaliknya, berdiri tepat di sebelah kiri Anies.

Baca juga: Gambang kromong bernuansa nasionalis buka Jakarnaval 2019

“Dari Pemprov DKI memang menyediakan JBI untuk setiap agendanya Pak Anies,” ujar Rully kepada Antara.

Lebih lanjut Rully menyampaikan Pemprov DKI Jakarta sudah hampir dua tahun ini JBI yang berasal dari lembaga PLJ (Pusat Layanan Juru Bahasa Isyarat) mendampingi setiap kegiatan Gubernur DKI Jakarta tersebut, baik agenda internal maupun agenda yang berhadapan dengan masyarakat umum.

“Katanya dari Pak Anies sendiri maunya inklusif biar semuanya bisa mendapat informasi yang sama dan setara,” tambahnya.

Selain itu, Indra warga yang turut menyaksikan pembukaan Jakarnaval mengapresiasi kehadiran JBI tersebut.

Baca juga: Jakarnaval 2019 tawarkan keseruan berbeda dari tahun lalu

“Baru pertama kali lihat (JBI) sih, ya bagus berarti menunjukkan Jakarta sudah ramah disabilitas,” kata Indra.

Jakarnaval 2019 merupakan rangkaian acara dalam rangka HUT ke-492 DKI Jakarta yang mengangkat tema “wajah baru” ibu kota yang sedang terus membangun. Kegiatan tersebut diperkirakan akan dimeriahkan 3.500 peserta, mulai dari parade berjalan kaki hingga 65 kendaraan hias.

Rute parade akan terbagi menjadi 2 yaitu parade dengan berjalan kaki yang akan dimulai dari Silang Merdeka Tenggara melewati depan Balaikota Jakarta, mengarah ke Jalan MH. Thamrin, berputar di perempatan depan Bangkok Bank untuk kembali ke arah Monas.

Sedangkan parade kendaraan hias akan dimulai dari Silang Merdeka Tenggara melewati depan Balaikota Jakarta, mengarah ke Jl. MH Thamrin, dan berakhir di Bundaran HI.

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019