"Transformer" hingga "MRT" meriahkan Jakarnaval 2019

id Jakarnaval 2019,Jakarnaval,Spider

Alat berat eskavator spider milik UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta melakukan atraksi dengan mengangkat keempat rodanya pada Jakarnaval 2019 di depan Balai Kota, Jakarta Pusat, Minggu (30/06/2019). ANTARA/Kuntum Khaira Riswan/aa

Jakarta (ANTARA) - Kendaraan "transformer" milik Unit Pelaksana Kebersihan (UPK) Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta hingga "MRT" turut memeriahkan parade kendaraan hias Jakarnaval 2019, Minggu sore.

Kendaraan nomor urut 60 yakni "Transformer" atau kendaraan alat berat eskavator spider beratraksi dengan menunjukkan kemampuan manuvernya menjadi target warga untuk diabadikan menggunakan ponsel pintar.

Warga menyebut kendaraan berat tersebut "transformer" karena aksi manuvernya dengan mengangkat keempat rodanya serta 'memainkan' alat keruknya mirip dengan aksi mobil yang bisa berubah menjadi robot di film 'Transformers'.

Baca juga: Yogyakarta tampilkan tari edan-edan di Jakarnaval 2019

Baca juga: Kebudayaan Korea ikut ramaikan parade Jakarnaval 2019

Baca juga: Jakarta Pusat angkat tema MRT pada parade Jakarnaval 2019


Salah seorang warga yang menyaksikan atraksi tersebut, Ade mengaku baru mengetahui bahwa UPK Badan Air mempunyai spider tersebut.

"Bagus ya, ternyata Jakarta punya alat canggih seperti itu untuk membersihkan sampah-sampah," kata Ade yang turut mengabadikan atraksi "transformer".

Menurut petugas pengendali alat berat sarana dan prasarana UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Fari Handoko, spider merupakan eskavator serbaguna yang memang diperuntukkan di berbagai jenis medan.

"Eskavator untuk mobilitas tinggi dan segala medan. Misalnya untuk melangkahi saluran kecil maupun besar yang tidak terjangkau eskafator tradisional," tutur Fari.

Padahal menurutnya, spider sudah beratraksi pada Jakarnaval 2018 lalu dengan tujuan memberitahu warga bahwa DKI Jakarta mengerahkan berbagai alat untuk menjaga Jakarta tetap bersih dan bebas banjir dan sampah,

Selain atraksi "transformer", "MRT", "kapal pelabuhan tanjung priok", hingga "Benteng Batavia" turut ambil bagian dari 65 parade kendaraan hias Jakarnaval 2019 yang berlangsung dari pukul 15.30 WIB tersebut.

Pewarta : Kuntum Khaira Riswan
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar