Jakarta (ANTARA) - Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu menampilkan pakaian dan kostum bertema “Seribu Warna” di parade Jakarta Karnaval (Jakarnaval) 2019 dalam rangka HUT Provinsi DKI Jakarta ke-492 tahun 2019, Minggu sore.

“Konsep itu melambangkan warna yang lebih ceria, sesuai visi dan misi bupati yang siap menerima wisatawan di Kepulauan Seribu,” kata salah satu penanggung jawab rombongan, Neneng Roaini kepada Antara.

Kepulauan Seribu sebagai salah satu destinasi wisata prioritas di Indonesia terus melakukan pengembangan dengan memberikan warna yang berbeda dengan destinasi wisata lainnya. Menurut Neneng, para wisatawan yang mengunjungi Kepulauan Seribu saat ini akan menjumpai begitu banyak warna disana.

Pada pelaksanaan Jakarnaval 2019, Kepulauan Seribu membawa serta sekitar 100 orang diantaranya puluhan penari dari Pulau Tidung, finalis abang none dan putra putrid bahari hingga kesenian tabuhan rebana.

“Semuanya putra-putri dari Kepulauan Seribu,” ujar Neneng.

Baca juga: Jakarnaval 2019 tawarkan keseruan berbeda dari tahun lalu

Sementara itu, Kepala Sub Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu, Cucu Ahmad Kurnia menjelaskan rumus pembangunan pariwisata terbagi tiga bagian yakni peningkatan aksesibilitas, amenitas dan atraksi.

Cucu mengatakan pihaknya bekerja pada tugas pokok dan fungsi peningkatan pariwisata untuk bagian atraksi yang dapat dijual kepada wisatawan. Atraksi itu diantaranya menjual even lokal kepada wisatawan.
 

Rombongan Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu di parade Jakarta Karnaval (Jakarnaval) 2019 dalam rangka hari ulang tahun (HUT) Provinsi DKI Jakarta ke 492 tahun 2019, Minggu (30/6/2019) (ANTARANEWS/FAUZI LAMBOKA)
Bupati Kepulauan Seribu Husein Murad mengatakan Pemkab secara terus menerus memelihara kondisi Kepulauan Seribu agar tetap bersih, tetap aman dan nyaman serta lebih menarik untuk para wisatawan. Upaya pembinaan pembinaan kepada masyarakat juga terus dilakukan, agar mereka dapat menjadi tuan rumah yang baik bagi wisatawan.

Husein menaruh harapan agar semua pihak dapat mencintai Kepulauan Seribu, sebagai bagian dari Jakarta dan bagian dari ibu kota Negara dengan pulau-pulau kecil nan indah.

Baca juga: Jakarta Pusat angkat tema MRT pada parade Jakarnaval 2019

Selain itu, masyarakat harus berbangga menjadi warga Kepulauan Seribu yang juga warga Jakarta dan harus siap menjadi tuan rumah untuk kunjungan wisatawan yang semakin meningkat.

Jakarta Karnaval (Jakarnaval) 2019 resmi dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswesdan pukul 15.45 WIB.

Ribuan warga Jakarta terlihat antusias menyaksikan parade karnaval terlihat memadati sepanjang Jalan Medan Merdeka Selatan, tepat di depan Balai Kota Jakarta. Sebagian warga lainnya terus berdatangan menuju Tugu Monumen Nasional (Monas) sebagai titik akhir dari parade Karnaval.

“Bersama-sama menyaksikan Jakarnaval ini bagian dari ulang tahun Jakarta. Kita berharap kegiatan ini bukan hanya menggambarkan betapa kreatifnya masyarakat Jakarta, tapi menjadi penggerak ekonomi,” ujar Anies.
Baca juga: Ramaikan HUT DKI, ragam bus hias TransJakarta akan pawai di Jakarnaval

Pewarta: Fauzi
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019