Kupang (ANTARA) - Keluarga korban jatuhnya Helikopter MI 17 milik TNI AD yang hilang di Oksibil saat melaksanakan misi pendistribusian logistik ke Pos Udara Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Distrik Okbibab, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, berharap semua penumpang yang hilang bisa segera ditemukan.

"Kami berharap operasi pencarian terhadap penumpang Helikopter MI 17 terus dilakukan hingga para penumpang bisa ditemukan baik dalam kondisi selamat maupun meninggal," kata Fransiskus Loe (55) ayah dari Pratu Yanuarius Loe (26) ketika dihubungi Antara dari Kupang, Rabu.

Salah satu dari penumpang Helikopter MI 17 yang mengalami naas di pegunungan Oksibil, Jumat (28/6) adalah Pratu Yanuarius Loe (26) asal Seo, Kecamatan Tasi Feto Barat, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur.

Baca juga: TNI perluas pencarian helikopter MI 17 di Kaure

Korban ikut bersama sejumlah prajurit TNI AD menumpang Helikopter MI milik TNI AD dan hilang di kawasan pegunungan itu saat dalam perjalanan menuju kawasan perbatasan dengan Papua Nugini.

Menurut Fransiskus, Pratu Yanuarius Loe, merupakan anak kedua dari 10 bersaudara masuk menjadi anggota TNI AD dan bergabung dalam Satgas 745/WRG untuk bertugas di kawasan perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini pada Oktober 2018.

"Harapan kami sekeluarga bisa menemukan semua penumpang yang masih hilang. Kami minta berbagai upaya terus dilakukan pemerintah untuk mencari para penumpang hingga mereka ditemukan dalam kondisi apapun," tegas Fransiskus.

Baca juga: TNI masih cari helikopter hilang kontak

Pihaknya siap menerima apapun kondisi Yanuarius Loe apabila ditemukan dalam musibah jatuhnya Helikopter MI 17 milik TNI AD itu.

"Kami tetap berharap mereka ditemukan dalam kondisi selamat, namun apabila ditemukan dalam kondisi meninggal juga kami siap menerima hal itu," tegas Fransiskus Loe.

Pihaknya berharap, operasi pencarian terhadap para penumpang yang masih hilang itu tidak hanya melalui operasi SAR tetapi juga perlu dilakukan ritual adat dilakukan Raja Oksimin di Papua sehingga upaya pencarian para korban segera ditemukan.

Baca juga: Keluarga berharap Praka Dwi Purnomo segera ditemukan selamat

"Kami berharap ada upacara ritual dilakukan Raja Oksminin di Papua karena kawasan hutan di sana sangat lebat dan medan berat. Kami yakin apabila sudah ada ritual adat para korban bisa ditemukan," tegas Fransiskus.

Fransiskus juga berharap agar pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk membantu memfasilitasi keluarganya untuk ke Papua untuk membantu pencarian karena sebagian anggota keluarga para penumpang Helikopter MI 17 TNI AD sudah berada di Papua.

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019