Menag sambut calon haji di Asrama Haji Embarkasi Surabaya

id menteri agama,lukman hakim,tanah suci,jamaah haji,embarkasi surabaya

Seorang calon haji asal Magetan berpose bersama Menag Lukman Hakim Saifuddin di Asrama Haji Embarkasi Surabaya, Jumat (5/7/2019). (ANTARA/Didik Suhartono)

Surabaya (ANTARA) - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyambut kedatangan jamaah calon haji kelompok terbang (kloter) 1 dan 2 Embarkasi Surabaya yang hari ini memasuki Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat.

“Mohon jamaah calon haji menjaga nama baik Indonesia selama menjalankan ibadah haji di Arab Saudi,” ujar Menteri Saifuddin di sela menyambut jamaah.

Rombongan kloter 1 berasal dari Magetan, Jawa Timur berjumlah 445 orang, sedangkan kloter 2 rombongan dari Ngawi 315 orang, Ponorogo 62 orang, dan Surabaya 68 orang.

Berdasarkan jadwal, setelah menjalani proses keimigrasian dan pemeriksaan kesehatan di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, selanjutnya mereka akan berangkat ke Tanah Suci pada Sabtu (6/7).

Ia mengatakan selama ini pemerintah Arab Saudi memuji perilaku baik jamaah calon haji Indonesia selama berada di Tanah Suci.

“Saya harap perilaku baik ini bisa terus dijaga dan dipertahankan,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Menag Lukman mendoakan agar jamaah calon haji Indonesia selama menjalankan ibadah haji senantiasa mendapat kekuatan dan diberi kesehatan oleh Allah SWT dan mendapat predikat haji mabrur.

"Puncak ibadah haji adalah wukuf di Padang Arafah. Mohon jaga kesehatan karena khususnya untuk kloter yang berangkat paling awal ini adalah yang terlama berada di Tanah Suci. Mudah-mudahan diberi kekuatan sampai menjalankan puncak ibadah haji di Padang Arafah," katanya.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa turut hadir mendampingi Menag Lukman menyambut kedatangan jamaah calon haji kloter 1 dan 2 Embarkasi Surabaya.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim itu, menyebut jamaah calon haji Indonesia adalah duta bangsa selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci.

"Maka perilaku baik jamaah calon haji selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci akan turut mengharumkan nama bangsa Indonesia," ucapnya.

Baca juga: 7 calon haji Riau ajukan mutasi kloter
Baca juga: Pemberangkatan calon haji Embarkasi Batam dipercepat


Pewarta : Fiqih Arfani/Hanif Nashrullah
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar