Pengamat sebut beberapa figur muda layak jadi menteri

id Jerry Massie, figur muda, layak jadi menteri

Pengamat politik dari Political and Public Policy Studies Jerry Massie. (Foto: Dok. pribadi)

Jakarta (ANTARA) - Pengamat politik dari Political and Public Policy Studies Jerry Massie menyebutkan ada beberapa figur muda yang layak menjadi menteri di Kabinet Kerja Jokowi-Ma'ruf.

"Menteri dari kalangan milenial (muda) bisa saja tetapi harus memiliki kompetensi yang tinggi dan latar belakang pendidikan serta pengalaman organisasi yang baik," kata Jerry, di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Milenial sambut positif wacana menteri muda kabinet Jokowi

Selain itu, lanjut Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies ini, menteri dari kalangan muda juga mampu menguasai bidang tersebut karena jabatan menteri bukan hanya memimpin organisasi kepemudaan.

"Milenial yang duduk harus punya keahlian dan kemampuan, manajerial yang baik, visioner, punya kepemimpinan yang kuat memiliki jiwa kepemimpinan. Usianya pun 30 tahun ke atas," kata Jerry.

Ia menyebutkan menteri dari kalangan milenial bisa di posisi Menpora, seperti Ketua PKPI Diaz Hendropriyono, Erick Thohir, Taufik Basari, dan Budiman Sudjatmiko.

"Mereka sudah terukur dan punya pengalaman dan saya yakin mampu memimpin. Begitu pun, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang juga sudah mulai matang," ujarnya.

Salah satu politikus yang punya kemampuan rata-rata kaum milenial, kata dia, adalah Taufik Basari karena secara empiris dan rasional berpengalalam di NasDem sebagai ketua bidang hukum dan advokasi.

"Dia (Taufik Basari) memiliki high quality standard and skill untuk duduk di kabinet," kata Jerry.

Baca juga: Apindo sambut baik rencana Jokowi libatkan kalangan muda di kabinet

TIbas, sapaan Taufik Basari, juga dinilai sangat paham akan masalah hukum karena ini spesialisasinya. Bahkan, sudah dua kali menjadi tim kuasa hukum Jokowi di Mahkamah Konstitusi.

Begitu pula, politikus Golkar Tantowi Yahya yang dinilai layak menjadi Menteri Luar Negeri. Putra asal Sumsel ini sudah teruji, apalagi kini dia sebagai Duta Besar New Zealand.

"Saya pikir Tantowi punya kemampuan diplomatik yang kuat," ucapnya.

Dari PKB, ada nama Abdul Karding yang masuk TKN Jokowi-Maruf dan Lukman Edy, keduanya bisa masuk kabinet.

Selain energik dan visioner, kedua tokoh muda di PKB ini sudah malang-melintang di parlemen.

Pewarta : Syaiful Hakim
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar