Kondisi 52 calon haji Kabupaten Biak Numfor dalam keadaan sehat dan siap berangkat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah dan Madinah
Biak (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua telah memberikan pelayanan kesehatan kepada sebanyak 52 calon haji  dalam rangka persiapan keberangkatan menunaikan rukun Islam kelima di Tanah Suci, Arab Saudi pada musim haji 1440 Hijriah.

"Kondisi 52 calon haji Kabupaten Biak Numfor dalam keadaan sehat dan siap berangkat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah dan Madinah," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Biak Numfor, Asden J.Naiborhu di Biak,Sabtu.

Ia mengakui, pemeriksaan kesehatan untuk calon haji setiap tahun sudah menjadi kewajiban yang harus dipenuhi sebagai syarat untuk menunaikan rangkaian ibadah haji.

Asden menyebutkan bahwa untuk kesiapan sebelum keberangkatan telah diberikan bimbingan manasik haji, pemeriksaan kesehatan, paspor perjalanan ibadah haji, baju seragam, pemberian koper dan identitas telah selesai diterima para calon haji Biak.

"Sesuai dengan jadwal puluhan calon haji Biak Numfor akan masuk dalam kelompok terbang embarkasi haji Hasanuddin Makassar dan siap dilepas pada 8 Juli 2019,"ujarnya.

Ia mengharapkan berbagai persiapan seperti penyiapan kebutuhan transportasi angkutan lokal ke bandara Frans Kaisiepo menuju embarkasi haji Hasanddin Makassar berjalan baik.

Untuk pelepasan keberangkatan calon haji Biak Numfor, katanya, sesuai dengan jadwal dari pemkab bersama Kementerian Agama dan bersama panitia penyelenggara haji daerah akan dilakukan Bupati Biak, Herry Ario Naap.

"Kami berharap semua proses persiapan pelepasan hingga keberangkatan dapat berjalan lancar sesuao dengan jadwal," katanyua.

Hingga H-2 pelepasan jamaah calon haji Biak Numfor, berdasarkan informasi Sekretaris Daerah Biak Markus O.Mansnembra akan berlangsung pada Senin 8 Juli 2019.

Baca juga: Kuota haji Biak Numfor meningkat jadi 53 orang

Baca juga: Kantor Imigrasi Biak terbitkan 262 paspor haji tiga kabupaten

Baca juga: Calon haji di Biak-Papua 2019 alami peningkatan

 

Pewarta: Muhsidin
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019