Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melantik 26 pejabat eselon II dan eselon III di lingkungan Kementerian Keuangan dalam acara yang berlangsung di Auditorium Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Senin.

"Saya Menteri Keuangan dengan ini resmi melantik saudara-saudara dengan jabatan yang baru di Kementerian Keuangan," ujar Sri Mulyani dalam acara pelantikan tersebut.

Pejabat yang dilantik terdiri dari delapan orang pejabat eselon II dan 18 orang pejabat eselon III.

Dari delapan pejabat eselon II yang dilantik, terdapat dua pejabat yang berasal dari lingkungan Sekretariat Jenderal, dua pejabat dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak, tiga pejabat dari Ditjen Perbendaharaan dan satu pejabat dari Badan Kebijakan Fiskal.

Pelantikan dilakukan lantaran pejabat-pejabat tersebut mendapatkan promosi, mutasi, pengangkatan kembali di dalam jabatan, serta pengukuhan karena perubahan nomenklatur.

Dalam sambutannya, Sri Mulyani berpesan kepada para pejabat yang dilantik agar mampu menciptakan perbaikan kinerja di unit-unit jabatan baru yang dipimpin dengan mengedepankan dedikasi, loyalitas, kompetensi, profesionalitas, serta integritas.

"Saya berharap Anda tidak hanya mengingatnya, tapi terus menjadi pengingat Anda di dalam menjalankan tugas," ucap dia.

Sri Mulyani juga mengingatkan bahwa tantangan Kementerian Keuangan semakin sulit, termasuk dalam hal penerimaan negara. Ia pun meminta kepada seluruh jajaran pimpinan di Kementerian Keuangan untuk dapat meningkatkan kualitas belanja negara.

"Saya berharap kepada seluruh jajaran terutama yang hari ini bertempat di Direktorat Jenderal Pajak agar tetap fokus untuk menjalankan target yang sudah Anda sepakati," ujar Sri.

Pelantikan pejabat eselon II dan III merupakan upaya untuk membangun struktur organisasi yang ideal di lingkungan Kementerian Keuangan. Dengan sumber daya manusia yang profesional, kompeten, kredibel dan berintegritas, diharapkan dapat tercipta APBN yang Sehat, Adil dan Mandiri.

Seluruh pejabat yang dilantik telah memenuhi persyaratan Job Person Match (JPM), masa kerja, pendidikan, pangkat serta telah diwawancarai oleh pimpinan eselon I dan para pejabat eselon II terkait, termasuk melalui proses pengecekan rekam jejak dan integritas serta digital footprint oleh Inspektorat Jenderal.

Berikut delapan pejabat eselon II yang dilantik.

Sekretariat Jenderal
1. Firmansyah N. Nazaroedin, Ak., M.Sc. menjabat Kepala Pusat Pembinaan Profesi Keuangan
2 Dr. Ahmad Yani, S.H., Ak., M.M. menjabat Tenaga Pengkaji Bidang Sumber Daya Aparatur

Direktorat Jenderal Pajak
1 R. Dasto Ledyanto, S.H., M.Si. menjabat Direktur Data dan Informasi Perpajakan
2 Ir. Iwan Djuniardi, M.M. menjabat Direktur Teknologi Informasi dan Komunikasi

Direktorat Jenderal Perbendaharaan
1 R. Wiwin Istanti, S.E., Ak., M.Laws. menjabat Direktur Akuntansi dan Pelaporan Keuangan
2 Sudarso, M.M. menjabat Direktur Pelaksanaan Anggaran
3 Agung Yulianta, S.E., M.Si. menjabat Direktur Sistem Perbendaharaan

Badan Kebijakan Fiskal
1 Dr. Adi Budiarso, Ak., M.Acc. menjabat Kepala Pusat Kebijakan Pembiayaan Perubahan Iklim dan Multilateral

Baca juga: Sri Mulyani lantik 499 pejabat eselon II dan III Kemenkeu

Baca juga: Sri Mulyani: Perbaikan neraca perdagangan harus jadi kerja tim

Baca juga: Sri Mulyani tegaskan sanksi pelanggar aturan devisa hasil ekspor

Pewarta: Fathur Rohman
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2019