akan meningkatkan pengembangan pertanian dan derajat pendidikan di Pandeglang
Pandeglang (ANTARA) - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Banten akan membangun gedung Fakultas Pertanian di Desa Koranji dan Desa Kaduela, Kecamatan Cadasari, Pandeglang, yang diharapkan dapat mengangkat perekonomian masyarakat di kabupaten ini.

"'Dampaknya pada pertumbuhan ekonomi, di sana masyarakat dapat membuat rumah kos, rumah makan dan jasa lainnya, sehingga menambah penghasilan masyarakat," kata Rektor Untirta Prof Soleh Hidayat saat bertemu Bupati Pandeglang Irna Narulita di Pandeglang, Selasa.

Menurutnya, wacana ini sebetulnya sudah ada sejak Bupati Pandeglang dijabat Achmad Dimyati Natakusumah. "Ini kelanjutan, sejak dulu ide Pak Dimyati untuk dijadikan kampus terpadu fakultas pertanian," ujarnya.

Baca juga: Bupati Serang siapkan beasiswa kedokteran di Untirta

Pada tahap pertama, kata dia, akan dilakukan pembangunan pada lahan seluas 8 hektare, meliputi kantor fakultas, ruang perkuliahan, ruang dekan, dan agro teknopark.

"Sertifikat dalam waktu dekat akan segera selesai, setelah itu kami bisa 'menjemput' pendanaan dari Kementerian Ristek, APBN, dan uang yang kami himpun dari mahasiswa," ujarnya.

Antara Fakultas Pertanian Unitirta di Kaduela dan Koranji ini akan terhubung dengan gedung fakulitas yang ada di Sindangsari, Kabupaten Serang dengan akses jalan tengah, katanya.

Bupati Pandeglang Irna Narulita meminta organisasi perangkat daerah (OPD) terkait agar segera menyelesaikan masalah hibah tanah yang akan digunakan untuk pembangunan gedung fakultas pertanian itu.

"Saya menyambut baik sekali, selain meningkatkan ekonomi, akan meningkatkan pengembangan pertanian dan derajat pendidikan di Pandeglang," kata Irna.
Rektor Untirta Banten, Prof Soleh Hidayat saat bertemu Bupati Pandeglang, Irna Narulita di Pandeglang, membahas pembangunan gedung fakultas pertanian di Pandeglang, Selasa (9/7). (Foto Humas Pemkab Pandeglang)


Baca juga: Menristekdikti serahkan SK pembukaan prodi kedokteran Untirta
Baca juga: Banten beri hibah Rp50 miliar untuk pembukaan Fakultas Kedokteran Untirta

 

Pewarta: Sambas
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019