Pembinaan dilakukan dengan harapan agar dapat mengembangkan dan mengelola lebih lanjut Produk Unggulan Kawasan Desa yang berpotensi memiliki nilai jual yang tinggi
Jakarta (ANTARA) - Mahasiswa Universitas Pancasila (UP) mulai 13 Juli 2019 hingga 1 Agustus 2019 melakukan Program pembinaan dan penggerakan ekonomi kreatif di Kampung Kukuk Sumpung, Desa Gobang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Pembinaan dilakukan dengan harapan agar dapat mengembangkan dan mengelola lebih lanjut Produk Unggulan Kawasan Desa yang berpotensi memiliki nilai jual yang tinggi," kata Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat UP, Achmad Zulfikar Lutfi di Jakarta, Minggu.

Beberapa produk yang akan dikembangkan oleh mahasiswa yang tergabung dalam Tim Pengabdian masyarakat Pancasila Mengabdi 2019 yaitu gula aren menjadi gula semut, biji kopi Gobang yang biasa di jual berupa biji kopi diolah menjadi produk siap konsumsi serta serat pohon aren akan di kembangkan menjadi kerajinan tangan olahan lidi.

Baca juga: Universitas Pancasila telah meluluskan 59.035 sarjana

Menurut dia, pembinaan masyarakat akan disampaikan para ahli yang bergerak di bidangnya, pembinaan yang dilakukan pun akan dikemas secara menarik dan mudah dipahami.

Ahli yang akan melakukan pembekalan dan penyuluhan yaitu Ahmad Basiran dan tim selaku Ketua Kelompok Tani Sari Jetis Legen Cilacap, tim dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Kopi dan Kakao Indonesia, Jember, dan Asep Cimahi serta tim yang merupakan Ketua Kelompok Pengrajin Serat Lidi Se-Cimahi, Tasikmalaya, Garut dan Banjar.

Selain itu, pembangunan strategis menjadi salah satu program lainnya yang dilakukan. Melalui pembangunan Gedung Serba Guna, pembangunan diharapkan agar menjadi wadah bagi masyarakat sekitar untuk berkumpul dan bermusyawarah dan sarana bersosialisasi, menjadi pusat tempat pemberdayaan,pengembangan dan pelatihan masyarakat, menjadi gudang hasil tani bagi kelompok petani.

Baca juga: Universitas Pancasila siapkan mahasiswa hadapi industri 4.0

Program lainnya yang akan dilakukan adalah serangkaian Agenda Fun Learning yang ditujukan pada anak-anak di desa Gobang. Kegiatan Fun Learning tersebut mengacu pada 7 keilmuan yang ada di Universitas Pancasila.

Pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh Senat KMUP yang betemakan “Mengabdi dengan Hati untuk Membangun Negeri” ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian,pengetahuan serta kesadaran warga desa akan lingkungan, kehidupan dan pendidikan sehingga dapat meningkatkan taraf kesejahteraan hidup warga desa.

Baca juga: Universitas Pancasila dorong mahasiswa dan dosen lakukan inovasi dalam penelitian

 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019