Javad Zarif : Iran akan lanjutkan ekspor minyak apapun kondisinya

id Grace 1,Gibraltar,Javad Zarif

Sebuah kapal patroli Angkatan Laut Kerajaan Inggris menjaga kapal tanker Grace 1, yang dicurigai membawa minyak mentah Iran ke Suriah, ketika kapal itu berlabuh di perairan wilayah luar negeri Inggris di Gibraltar, Spanyol, (4/7/2019). ANTARA/REUTERS/Jon Nazca/aa

Jenewa (ANTARA) - Iran akan melanjutkan ekspor minyak mereka dalam kondisi apapun, kata Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif kepada timpalannya Menteri Luar Negeri Inggris Jeremy Hunt dalam percakapan telepon pada Sabtu, menurut pernyataan situs Kementerian Luar Negeri Inggris.

Zarif juga mengatakan Inggris harus segera membebaskan tanker minyak Grace 1 milik Iran, yang disita pekan lalu oleh Marinir Kerajaan Inggris di lepas pantai Gibraltar di Mediterania Inggris. Tanker itu diduga melanggar sanksi terhadap Suriah.

Hunt mengatakan kepada Zarif bahwa Inggris dapat memfasilitasi pembebasan tanker minyak Grace 1 asalkan Teheran memberi jaminan bahwa mereka tidak akan melanjutkan perjalanan ke Suriah, demikian cuitan Hunt di akun Twitter.

Sumber: Reuters

Baca juga: Gibraltar: Penyitaan tanker Iran keputusan kami sendiri

Baca juga: IRGC: Iran bakal sita tanker Inggris jika tanker kami tak dibebaskan

Pewarta : Asri Mayang Sari
Editor: Chaidar Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar