Desa Hutabohu manfaatkan Dana Desa untuk pengurangan risiko bencana

id bencana,dana desa,desa hutabohu,kabupaten gorontalo,gorontalo,BPBD

Sejumlah relawan dan warga mengikuti simulasi kebakaran di Desa Hutabohu, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo. (Foto Adiwinata Solihin)

Gorontalo (ANTARA) - Desa Hutabohu, Kecamatan Limboto Barat mengalokasikan Dana Desa Rp50 juta dari total Ro1,2 miliar untuk kegiatan pengurangan risiko bencana.

Kepala Desa Hutabohu, Yusuf Talib, di Gorontalo, Minggu, mengatakan sejak awal 2019 desa tersebut sudah membentuk Forum Pengurangan Risiko Bencana karena daerah itu sering dilanda bencana.

"Kemudian kita juga membentuk kelompok relawan dan kami telah menganggarkan untuk pelaksanaan pelatihan atau pemantapan terhadap pengurangan risiko bencana tersebut," ujarnya.

Pada Kamis (11/7) lalu, pihaknya menggelar simulasi penyelamatan kebencanaan.

"Kita melakukan kerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gorontalo dan diikuti oleh forum dan relawan yang terdiri dari pemuda desa," ungkap dia.

Yusuf menambahkan bahwa daerah itu hampir setiap tahun selalu terjadi bencana, terutama banjir akibat meluapnya air sungai setempat.

Simulasi yang dilakukan bersama BPBD tersebut, di antaranya pembuatan kajian risiko bencana, simulasi peralatan, serta simulasi kebakaran.

Baca juga: BSN sosialisasikan SNI 8357:2017 ke desa antisipasi bencana
Baca juga: BNPB sebut tata ruang, lingkungan, infrastruktur harus terjalin

Pewarta : Adiwinata Solihin
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar