Jumlah komodo di TNK 2.800 ekor

id komodo,jumlah komodo,tnk

Wisatawan mengabadikan seekor komodo yang ada di Pulau Komodo. (ANTARA/Kornelis Kaha)

Kupang (ANTARA) - Balai Taman Nasional Komodo (TNK) melaporkan bahwa saat ini jumlah komodo di taman nasional itu kurang lebih 2.800 ekor.

Kepala Balai TNK Lukita Awang kepada ANTARA saat dihubungi dari Kupang, Selasa, mengatakan bahwa khusus di Pulau Rinca berdasarkan kajian data TNK jumlahnya kurang lebih 1.040 ekor.

"Sisanya tersebar di pulau Komodo, pulau Giling Motang dan beberapa pulau lainnya," katanya.

Ia menambahkan bahwa jumlah komodo di kawasan TNK selalu fluktuatif, tidak flat, karena kondisi alam. Artinya bahwa jika jumlah mangsa atau makanannya naik, tentu akan disertai dengan populasi. Demikian pun sebaliknya.

Hal ini, kata dia, juga sudah disampaikannya saat ia bertemu dengan Presiden Joko Widodo yang berkunjung pada 10-11 Juli pekan l alu di Labuan Bajo.

TNK adalah taman nasional yang memiliki kurang lebih 147 pulau. Dari 147 pulau itu terdaoat lima pulau besar, yakni Pulau Gili Motang, Pulau Padar, Nusa Kode, Pulau Komodo dan pulau Rinca. Luas area TNK sendiri mencapai 137 ribu hektare, dan dari jumlah tersebut 60 persennya adalah perairan.

Terkait berbagai kasus pencurian komodo dan makanannya, ia berharap kerja sama semua pihak termasuk masyarakat agar ikut menjaga hewan purba itu agar tidak punah, serta menjaga lingkungan sekitarnya saat berwisata.

Baca juga: Penerapan sistem satu pintu di Taman Nasional Komodo mulai 2020

Baca juga: Polda NTT akan MoU dengan BTNK soal pengamanan TNK

Baca juga: Populasi komodo di TNK masih stabil

Pewarta : Kornelis Kaha
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar