Garut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, telah menyiapkan sekitar tiga ribu selimut yang akan dibagikan kepada warga di kawasan pegunungan Garut untuk menghadapi cuaca dingin saat musim kemarau yang selama ini melanda Garut.

"Ada tiga ribuan selimut disiapkan pemda untuk mengantisipasi cuaca dingin," kata Bupati Garut Rudy Gunawan kepada wartawan di Garut, Rabu.

Ia menuturkan, musim kemarau yang sudah terjadi sejak dua bulan lalu telah menyebabkan suhu di Garut menjadi lebih dingin daripada hari biasanya, sehingga membuat warga merasakan kedinginan, terutama di kawasan pegunungan Garut.

Pemkab Garut, lanjut dia, menyediakan selimut sesuai dengan permintaan masyarakat Garut yang membutuhkan bantuan selimut untuk menghangatkan badan saat menghadapi musim dingin.

"Di Garut itu bisa 15 derajat, sekarang saja suhunya 22 sampai 23 derajat, tapi dingin anginnya," katanya.

Ia menyampaikan, bantuan selimut itu sudah disiapkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut yang siap diberikan kepada masyarakat yang membutuhkannya.

"Selimutnya sudah disiapkan BPBD Garut, masyarakat yang membutuhkan bisa menghubungi BPBD," katanya.

Ia mengatakan, daerah yang suhunya lebih dingin daripada perkotaan Garut yakni kawasan kaki Gunung Cikuray di Kecamatan Cilawu, Bayongbong dan sekitarnya, Gunung Guntur di Kecamatan Tarogong Kaler, Talaga Bodas di Kecamatan Pangatikan dan sekitarnya, kemudian Gunung Papandayan di Kecamatan Cisurupan dan sekitarnya.

Terkait adanya masyarakat yang sakit karena suhu dingin, kata dia, belum ada laporan dari masyarakat namun bila ada maka masyarakat bisa mendatangi langsung Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) terdekat.

"Sampai sekarang belum ada laporan gangguan kesehatan karena cuaca ekstrem," katanya.

Seorang warga Garut di kawasan perkotaan, Hendi mengatakan, sejak beberapa hari suhu di Garut lebih dingin dibandingkan hari-hari biasanya, sehingga setiap waktu terutama saat malam harus memakai jaket agar badan tetap hangat.

"Siang saja anginnya kencang, dingin, apalagi malam harus pakai jaket karena dingin," katanya.

Baca juga: Penurunan suhu Jabar pengaruh musim di Australia

Baca juga: BPBD Garut: Kemarau belum timbulkan rawan air bersih

 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019