Kemenpar luncurkan Toboali City on Fire Season 4

id kementerian pariwisata , kemenpar,pariwisata, menteri pariwisata

Menteri Pariwisata Arief Yahya (keempat dari kiri) bersama Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman (ketiga dari kiri) resmi meluncurkan “Toboali City on Fire Season 4“ di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Rabu (17/7/2019). (ANTARA/Arindra Meodia)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) meluncurkan event unggulan Toboali City On Fire (TCOF) Season 4 yang akan berlangsung di Toboali, Bangka Selatan pada 25-28 Juli 2019.

TCOF Season 4 akan menampilkan 16 acara unggulan yang memadukan festival budaya, event pariwisata dan olahraga.

“Event TCOF Season 4 ini telah dikurasi oleh Tim CoE Kemenpar dan telah memenuhi unsur 5C yaitu Creative value, Commercial value, Communication Value, CEO Commitment, serta Consistency,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Rabu.

Arief juga menekankan pentingnya CEO Commitment kepala daerah (gubernur/walikota/bupati) menjadi unsur penting dalam mengembangkan pariwisata karena 50 persen keberhasilan pariwisata di daerah ditentukan oleh komitmen tersebut.

“Bangka Belitung ini beruntung karena Gubernur dan bupatinya komitmen, Insha Allah creative value dan commercial value mengikuti,” kata Arief.

Komitmen pemerintah daerah kabupaten Bangka Selatan, provinsi Bangka Belitung, terlihat saat Tanjung Kelayang, Belitung, berhasil masuk dalam daftar 10 destinasi pariwisata prioritas atau Bali Baru oleh Presiden Joko Widodo.

Kabupaten Bangka Selatan juga kini memiliki Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Gunung yang jaraknya hanya 7 kilometer dari Bandara Depati Amir Bangka yang dikembangkan sebagai fasilitas MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition) serta lapangan golf.

“Ini adalah momentum luar biasa tidak setiap provinsi dapat, jadi momentum ini jangan dilewatkan. Semuanya akan diberikan pemerintah, terutama infrastruktur dan utilitas dasar,” ujar Arief.

Pariwisata Babel kini memiliki tiga event unggulan yang masuk dalam 100 CoE WI 2019, yaitu Bangka Cultural Wave Festival (Coming Home Celebration) di Sungailiat, Festival Tanjung Kelayang di Belitung dan TCOF Season 4 yang akan berlangsung di Toboali, kabupaten Bangka Selatan.

“Kunjungan ke provinsi Bangka Belitung dari tahun 2017 itu kurang lebih hanya 369.422 kunjungan yang terdata, sekarang di tahun 2018 kemarin langsung meningkat drastis kurang lebih sekitar 2.072.000 kunjungan, jadi bisa dibayangkan betapa dahsyatnya,” ujar Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman.

“Tahun 2019 sudah menjalankan berbagai event. Kita terus memviralkan event-event kita, semoga ke depan event lebih baik kabupaten maupun provinsi, pariwisata maju terus kemakmuran dan kesejahteraan rakyat kita meningkat,” tambah dia.

Penyelenggaraan TCOF Season 4 akan berlangsung selama empat hari. Hari pertama dimulai dengan parade budaya, Toboali Photo Competition, pameran foto dan ritual adat Buang Jung, berupa melepaskan perahu ke laut.

Hari kedua dilanjutkan dengan Food Vlog Competition dan Toboali Expo 2019. Selanjutnya, pada hari ketiga akan ditampilkan acara Toboali Food Street Festival, Zumba Party, Habang Band Festival dan Bikepacker Tour de Habang.

Pada hari terakhir akan ada Famtrip, Ngalak, Telok Serujo 2019, Fashion Carnival dan penampilan artis-artis ibu kota.

Dalam kesempatan tersebut, Menpar Arief Yahya juga meluncurkan El-John TV sebagai media yang fokus pada pariwisata, bisnis dan investasi.

El-John TV berbasis streaming yang disiarkan melalui multiplatform digital sehingga bisa diakses melalui berbagai aplikasi digital seperti Android, iOS dan satelit Ku-Band yang terpancar ke seluruh wilayah Indonesia selama 24 jam.

Selain itu, El-John TV dapat ditonton melalui aplikasi KUGO yang dapat diunduh di Play Store dan App Store.

Baca juga: Menpar pastikan atraksi wisata Indonesia kualitas terbaik
Baca juga: Menpar Arief optimistis Pacific Exposition terobosan baru pariwisata
Baca juga: Menpar berharap ajang Bali Beyond & Travel Fair 2019 bisa mendunia


Pewarta : Arindra Meodia
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar