Wagub Uu ajak masyarakat ikut lari lintas alam di Jawa Barat

id lari lintas alam,uu ruzhanul ulum,jawa barat,wanadri trail run 2019

Plh Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum melepas peserta maraton 'Lari Lintas Alam Terbuka: Wanadri Trail Run 2019' di Ciater Highland Resort, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang, Minggu (21/7/2019). ANTARA/Dok Humas Pemprov Jabar/am.

Bandung (ANTARA) - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan ajang maraton "Lari Lintas Alam Terbuka: Wanadri Trail Run 2019" berlangsung di Kawasan Ciater Highland Resort, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang, Minggu, bisa menggenjot sektor pariwisata di Jawa Barat.

Uu Ruzhanul Ulum yang tengah menjabat Plh Gubernur Jawa Barat itu melepas secara langsung peserta yang berjumlah sekitar 600 orang dan ada empat kategori yang dilakoni, yakni kategori 50k, 25k, 13k, dan 5k.

Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan ini ditemani udara nan sejuk serta sinaran mentari pagi. Tidak hanya orang dewasa, anak kecil pun turut ambil bagian di kegiatan lari ini di kategori 5k. Selain itu, ada pula peserta dari mancanegara, di antaranya Australia dan Belanda.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat pun mendukung penuh ajang lari lintas alam terbuka yang cukup jarang digelar. Biasanya, maraton digelar di daerah perkotaan dengan jalanan beraspal.

Sementara jalur untuk lari lintas alam ini melewati jalanan bebatuan, tanah, pasir, dan ilalang. Bahkan, ada titik tertentu di mana pelari harus melewati aliran sungai.

Karena melintasi berbagai panorama alam tersebut yang bisa menyulitkan peserta, lari lintas alam terbuka menawarkan tantangan yang lebih besar bagi para pelari.

Plh Gubernur Uu Ruzhanul Ulum mengatakan kegiatan olahraga seperti ini bisa menjadi daya tarik masyarakat, apalagi digelar di alam terbuka Subang yang terkenal dengan hamparan kebun teh lengkap dengan hembusan udara sejuk dan pemandangan alam yang memanjakan mata.

"Kami sangat mendukung acara seperti ini, karena sesuai dengan visi misi kami yang ingin menggenjot sektor pariwisata," kata Uu.

"Ini adalah support warga kepada Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat yang ingin sukses dalam bidang pariwisata," lanjutnya.

Berikutnya, Pemprov Jawa Barat bakal menggelar lari lintas alam terbuka lainnya di Kabupaten Pangandaran pada Desember 2019. Uu pun mengundang peserta dan masyarakat lainnya untuk turut ambil bagian di ajang lari lintas alam terbuka berikutnya.

"Kami juga mengundang untuk Desember nanti di Kabupaten Pangandaran ada kegiatan yang sama (lari di alam terbuka)," ujar Uu.

Selain Pangandaran, ada pula ajang maraton yang diikuti ribuan peserta pada akhir Juli mendatang yang berlangsung di Kota Bandung.

Baca juga: Lari lintas alam 100 km siap digelar di Bandung

 

Pewarta : ASJ
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar