Wali kota pesan jamaah calon haji do'akan Palu segera pulih kembali

id Palu,Kota Palu,Jamaah Calon Haji,JCH

Wali Kota Palu Hidayat berjabat salah kepada sejumlah Jamaah Calon Haji Palu usai melepas secara simbolis di kediamannya, Minggu (21/7). (ANTARA Foto/HO/Humas Pemkot Palu/Muhammad Arshad)

Palu (ANTARA) - Wali Kota Palu Hidayat berpesan kepada jamaah calon haji agar mendo'akan Kota Palu khususnya, umumnya Provinsi Sulawesi Tengah segera pulih kembali pascagempa 28 September 2018.

"Saya menitipkan  kepada 716 calon haji setelah sampai di Mekkah nanti mendoakan agar diberi kemudahan dalam memulihkan ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah itu pasca diluluhlantahkan gempa tsunami dan likuefaksi," kata Hidayat didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palu Ma'sum Rumi  caat melepas Jamaah Calon Haji (JCH) asal Palu itu, Minggu (21/7).

"Doakan kami di Palu, semoga kami semua mampu memulihkan kota ini seperti sediakala. Bersihkan hati dan tuluskan niat serta pulanglah dengan selamat di tanah air," harapnya.

Mengingat hingga saat ini upaya pemulihan di segala sektor pascabencana masih terus dilakukan, baik oleh pemerintah pusat terutama pemerintah daerah sehingga dukungan dari berbagai pihak sangat diperlukan agar upaya tersebut secepatnya terwujud.

Baca juga: Plt Gubernur minta jamaah calon haji doakan Kepri sejahtera

"Saya berharap kebencian dan kejengkelan semua jamaah dapat dihilangkan karena akan menghadap Allah SWT. Pasti ada salah kata bahkan perselisihan di antara sesama. Terlebih lagi, belum genap satu tahun Kota Palu dilanda bencana," ujarnya.

Yang tidak kalah penting Hidayat mengimbau JCH Palu agar menjaga kesehatan, kebugaran, stamina dan menghindari hal-hal yang dapat mengganggu kekhusyukan saat beribadah, sebab saat menunaikan ibadah haji banyak hal-hal yang dapat memicu gangguan kesehatan yang dapat mengakibatkan para JCH tidak maksimal dalam beribadah.

"Saya berpesan kepada para jamaah jangan sampai membahayakan diri ketika berada di Ka'bah karena pasti para JCH dari seluruh dunia akan berebut untuk mendekatkan diri di area Ka'bah. Semoga haji mabrur dapat diperoleh oleh para JCH Kota Palu," imbuhnya.

Rencananya para JCH Sulteng yang berjumlah 2.230 orang akan masuk ke Asrama Haji Transit Palu mulai 24 sampai 28 Juli dimulai dari Kloter 7, 8, 9, 10, dan kloter 11.

Kemudian seluruh JCH berangkat ke embarkasi Balikpapan menuju Arab Saudi pada 25 hingga 29 Juli.

Baca juga: Dua calon haji asal Garut gagal berangkat
Baca juga: Menhub tinjau pemberangkatan jamaah calon haji di Bandara Soetta

Pewarta : Muhammad Arshandi
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar