Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur memberikan bantuan biaya bagi 10 orang pengurus Masjid dan penjaga masjid untuk melaksanakan ibadah umroh gratis di tanah suci Mekah tahun 2019.

"Pada tahun 2019 pemerintah Kota Kupang membantu biaya umroh bagi 10 orang terdiri dari pengurus dan penjaga Masjid di Kota Kupang untuk melaksanakan ibadah Umroh di Makkah," kata Wali Kota Kupang, Jefrison Riwu Kore ketika melepas keberangkatan 250 orang calon haji asal Kota Kupang menuju embarkasi Surabaya, Senin.

Ia mengatakan banyak pengurus dan penjaga masjid di daerah ini yang belum memiliki kesempatan untuk melaksanakan ibadah di Makkah karena terkendala biaya, sehingga mendorong pemerintah Kota Kupang mengalokasikan anggaran dari APBD II untuk membantu biaya Umroh bagi pengurus dan penjaga masjid.

"Kami hanya bisa membantu biaya umroh kepada pengurus dan penjaga Masjid di Kota Kupang. Bantuan biaya umroh dilakukan setelah kegiatan ibadah haji berlangsung," katanya.

Menurut mantan anggota DPR-RI dari Partai Demokrat itu, setiap tahun pemerintah Kota Kupang akan membiayai 10 orang untuk melaksanakan umroh hingga seluruh pengurus dan penjaga Masjid di ibu kota provinsi berbasis kepulauan ini dapat melaksanakan ibadah umroh di Makkah.

Ia mengatakan, Pemerintah Kota Kupang memberikan bantuan biaya ibadah umroh terhadap pengurus dan penjaga masjid di Kota Kupang itu telah berlangsung sejak tahun 2018 lalu.

"Penentuan para pengurus dan penjaga masjid yang mengikuti ibadah umroh dilakukan melalui pengundian secara terbuka yang dilakukan oleh dewan masjid Kota Kupang sehingga lebih adil," kata Jefrison Riwu Kore.*

Baca juga: Peserta umrah gratis berangkat 9 Desember

Baca juga: Film "Guru Ngaji" bagi-bagi paket umrah gratis

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019