Jakarta (ANTARA) - Uang elektronik belum menjadi favorit umat Hindu untuk beramal di Pura Aditya Jaya, Rawamangun, Jakarta.

Di dekat tempat umat Hindu mengambil perlengkapan sembahyang di pura ini, terdapat kotak untuk meletakkan uang amal dan disertai QR code uang elektronik. Namun dari penuturan pengurus, jumlah donasi dari uang elektronik tidak signifikan.

"Jauh (jumlahnya). Itu paling anak-anak muda saja yang pakai (aplikasi uang elektronik)," kata Bendahara Pura, Nyoman Wester saat ditemui di Pura Aditya Jaya pada Rabu sore.

Wayan melanjutkan bahwa Umat Hindu yang datang dari generasi lebih tua, merasa lebih nyaman memberikan sumbangan secara langsung.

Dari penuturan Wayan, saat ini terdapat dua aplikasi uang elektronik yang dapat digunakan untuk mengirim uang amal, yakni T-Cash dari Telkomsel dan LinkAja yang merupakan layanan financial technology (fintech) BUMN.

Salah seorang umat Hindu yang datang, Gede, juga merasa lebih senang memberikan uang amal dalam bentuk fisik.

"Biasanya kalau ngasih uang itu sekalian saat ngasih sesajen ke pura. Terasa lebih puas saja," ucapnya.

Selain dari uang amal, Pura Aditya Jaya juga menjual kaus dan topi untuk membantu biaya operasional dan membeli perlengkapan sembahyang.

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019