Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 59 purwarupa hasil penelitian dan pengembangan (litbang) dipamerkan di Pameran Pengembangan Teknologi Industri 2019 atau Industrial Technology Development (ITD) yang diselenggarakan di Jakarta pada 24-25 Juli 2019.

Purwarupa tersebut merupakan skala laboratorium dan laik industri yang didanai Program Insentif Riset Sistem Inovasi Nasional (Insinas) dan Program Pengembangan Pengembangan Teknologi Industri (PPTI).

"Semoga pameran ITD Expo ini dapat meningkatkan pemahaman dan wawasan masyarakat terhadap kebijakan dan program pemerintah dalam mendukung kegiatan penelitian," kata Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) Muhammad Dimyati, Jakarta Barat, Rabu.

Hasil penelitian dan pengembangan tersebut, antara lain bidang pangan, energi, kesehatan, pertahanan, dan keamanan.

Dia mengharapkan pameran itu dapat memberikan informasi teknologi hasil penelitian yang memiliki potensi manfaat dan ekonomi bagi masyarakat, serta meningkatkan budaya riset yang baik dan terkoordinasi sehingga dapat menciptakan inovasi-inovasi yang dapat diimplementasikan dan dipasarkan di dunia industri nasional maupun internasional.

Insinas merupakan bantuan pendanaan riset yang diselenggarakan untuk penguatan Sistem Inovasi Nasional melalui peningkatan sinergi, produktivitas, dan optimalisasi sumber daya penelitian dan pengembangan nasional.

PPTI adalah program yang bertujuan meningkatkan relevansi dan produktivitas penelitian dan pengembangan untuk memenuhi kebutuhan teknologi di industri.

Purwarupa yang dipamerkan, di antaranya Miniatur Turbin Ulir Archimedes untuk Pembangkit Listrik Tenaga Hidro Head Rendah, Coastal Radar, Sistem Sentralisasi Data RPM Menggunakan Secure Network, Optoelektronik Sistem Pesawat Terbang Tanpa Awak, Sistem Akuisisi dan Pengolahan Data Radar, Pesawat Ai-V210 menggunakan autopilot.

Selain itu, Bahan Kulit Sintesis Serat Nanas, Komponen Senjata Genggam, Mesin Nano Bubble, Pupuk BAOC Ribon Atom 1, Prototipe Keramba Jaring Apung Bulat Bertingkat (KJABB) - IMTA, Automated guided vehicle TY2, Weather Radar (INDERA WX-1, serta Drifter Untuk Observasi dan Monitoring Oseanografi.

Baca juga: Menristekdikti resmikan purwarupa teknologi pengolaan air
Baca juga: Habibie ajak publik urun dana untuk purwarupa pesawat R80
Baca juga: Jokowi tinjau purwarupa LRT Metro Kapsul

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019