Dinas Perpustakaan tumbuhkan minat baca melalui perpustakaan keliling

id Dinas perpustakaan,upaya tumbuhkan minat baca,perpustakaan keliling

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kalimantan Selatan jemput bola untuk mengajak anak-anak gemar membaca dengan mobil perpustakaan keliling. (Antaranews Kalsel/Latif Thohir)

Banjarmasin (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kalimantan Selatan terus berupaya meningkatkan minat baca sejak dini antara lain dengan program perpustakaan keliling ke daerah-daerah yang banyak anak-anaknya.

Staf Pelayanan Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Khusnul Khatimah di Banjarmasin Kamis mengatakan, program perpustakaan keliling, merupakan salah satu upaya pihaknya untuk jemput bola menarik anak-anak untuk kembali menyenangi membaca buku.

Menurut dia, melalui mobil perpustakaan keliling yang memuat ribuan buku dengan melibatkan badut Untuk menghibur dan memberikan daya tarik, agar anak-anak bersedia datang, ke mobil perpustakaan.

Seperti yang dilakukan siswa didik Tk Kartika V-19, Jalan Veteran Komplek Ahmad Yani Banjarmasin.

Saat badut kuda pony berkunjung ke sekolah mereka, tanpa dikomando, anak-anak langsung mengerumuni badut dengan suka cita.

Berbagai macam buku yang telah disiapkan khusus untuk anak, mulai dari cara membaca, majalah bergambar hingga buku cerita, menjadi daya tarik untuk menumbuhkan minat membaca dan menambah wawasan pengetahuan bagi anak
Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kalimantan Seleatan jemput bola untuk mengajak anak-anak gemar membaca dengan mobil perpustakaan keliling. (Antaranews Kalsel/Latif Thohir)

Khusnul Khatimah mengatakan, setiap hari perpustakaan keliling terus melakukan jemput bola, untuk menjangkau masyarakat yang tempat tinggalnya jauh dari perpustakaan.

Saat datang, tambah dia, isi literasinya yang akan diberikan selalu berbeda, disesuaikan dengan sasaran kunjungan mobil perpustakaan, apakah anak-anak, mahasiswa bahkan masyarakat umum.

Kegiatan tersebut, sangat efektif menarik minat baca, karena selain terhibur dengan adanya badut, para siswa antusias memilih buku, walau hanya sekedar melihat gambar, atau mendengarkan cerita yang dibacakan orang tuanya.

Orang tua siswa Dita Yulia mengatakan, keberadaan perpustakaan keliling, sangat membantu untuk menarik minat baca anak-anak.

"Terimakasih banyak ada perpustakaan keliling, anak-anak senang sekali Ya, jadi bisa mendorong minat baca dan bisa mengalihkan ketertarikan anak-anak dari bermain HP," katanya.

Guru TK Kartika V Mariani mengatakan, dengan adanya perpustakaan keliling sangat bermanfaat bagi para murid,

Kegiatan tersebut, tambah dia, menambah mint anak-anak untuk membaca sehingga pengetahuannya semakin bertambah.

Dinas Perpustakaan Daerah saat ini ini memiliki lima unit mobil bus perpustakaan keliling.

Mobil tersebut didesain khusus membuat ribuan buku dari berbagai macam literasi, guna mendukung program inovasi dan pelayanan publik Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah.

Pewarta : Ulul Maskuriah
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar