Pemkab Purbalingga akan memperkuat citra pariwisata dan pengembangan destinasi-destinasi pariwisata
Purbalingga (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, sedang menyusun rencana induk pengembangan pariwisata periode 2019-2021 guna meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke wilayah tersebut.

"Ini merupakan bentuk komitmen Pemkab Purbalingga untuk terus mengembangkan sektor pariwisata," kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Purbalingga Prayitno di Purbalingga, Jateng, Jumat.

Dalam rencana induk tersebut, kata dia, Pemkab Purbalingga akan memperkuat citra pariwisata dan pengembangan destinasi-destinasi pariwisata.

Sebelumnya, dia juga mengatakan, Pemerintah Kabupaten Purbalingga menargetkan angka kunjungan wisatawan pada 2019 sebanyak 3,9 juta orang.

"Sebenarnya di dokumen rencana pembangunan jangka menengah daerah sebanyak 2,6 juta, namun dinas menargetkan 3,9 juta wisatawan pada tahun 2019 ini," katanya.

Dia menyebutkan, pihaknya optimistis dapat mencapai target yang ditetapkan mengingat pada tahun 2018 lalu target kunjungan wisatawan ke Kabupaten Purbalingga juga tercapai.

"Kabupaten Purbalingga berhasil memenuhi target kunjungan wisatawan pada tahun 2018 lalu. Selama satu tahun, kemarin Purbalingga dikunjungi 3.793.184 wisatawan dari berbagai wilayah di Tanah Air," katanya.

Pada tahun 2018 lalu, pihaknya menargetkan angka kunjungan wisatawan sebanyak 2,53 juta orang.

Sementara itu, Direktur Utama Perumda  Owabong Hartono menambahkan guna mendukung pengembangan pariwisata, pihaknya akan mengembangkan destinasi Objek Wisata Air Bojongsari (Owabong) mulai dari menambah wahana hingga membangun hotel.

"Hotel Owabong ditargetkan akan dibangun tahun 2021," katanya.

Pihaknya menargetkan hotel tersebut akan memiliki fasilitas rekreasi terbesar se-Jawa Tengah.

Baca juga: Angkasa Pura II: Bandara Purbalingga bakal dioperasikan 2020
Baca juga: Pemkab: Destinasi wisata kampung bambu siap sambut wisatawan
Baca juga: Purbalingga persiapkan sektor pariwisata jelang libur Lebaran


Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019