Dubai, Uni Emira Arab (ANTARA) - Menteri Oman urusan luar negeri mengadakan pembicaraan dengan menteri luar negeri Iran pada Sabtu, demikian laporan media negara Iran, sementara ketegangan meningkat di Teluk antara Teheran dan Washington.

Oman mempertahankan hubungan bersahabat dengan Amerika Serikat dan Iran dan sebelumnya telah menjadi perantara buat kedua negara tersebut, yang memutuskan hubungan diplomatik setelah Revolusi Islam Iran 1979.

Washington dan Teheran terlibat pertikaian yang berkepanjangan mengenai program rudal dan nuklir Iran, dan ketegangan telah berkobar setelah Iran menembak-jatuh satu "drone" As di wilayah Teluk dan Amerika Serikat menyatakan telah menjatuhkan satu pesawat tak berawak milik Iran, tapi Teheran membantah pernyataan tersebut.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif bertemu dengan Yousuf bin Alawi bin Abdullah, kata stasiun televisi resmi Iran, tanpa memberi perincian, sebagaimana dikutip Reuters --yang dipantau Antara di Jakarta, Sabtu.

"Kunjungan itu dilakukan dalam kerangka kerja hubungan bilateral dan konsultasi yang berlanjut antara kedua negara dengan tujuan bertukar pandangan mengenai perkembangan regional belakangan ini, hubungan bilateral ... dan masalah internasional," kata stasiun televisi Iran.

Sumber: Reuters
Baca juga: AS salahkan Iran atas serangan terhadap tanker di Teluk Oman
​​​​​​​
Baca juga: Harga minyak naik ditopang ekonomi AS dan sengketa kapal tanker Teluk
Baca juga: Kuwait minta semua pihak menahan diri terkait aksi Iran

Penerjemah: Chaidar Abdullah
Editor: Maria D Andriana
Copyright © ANTARA 2019