Seorang calon haji lansia asal Sumut berangkat ke Mekkah

id seorang jamaah haji lansia labusel berangkat,Jemaah haji indonesia,Mekkah,Menteri agama,Wapres

Ramiah Siregar binti Sirojak Siregar (84), calon haji lanjut usia asal Kabupaten Labuhan Batu Selatan, di Asrama Haji Medan, Sabtu (27/7). (Antara Sumut/Foto Munawar)

Medan (ANTARA) - Seorang calon haji lanjut usia asal Kabupaten Labuhan Batu Selatan, Provinsi Sumatera Utara, Ramiah Siregar binti Sirojak Siregar (84) yang tergabung pada Kelompok Terbang 15 Embarkasi Medan, berangkat menunaikan ibadah haji ke Mekkah, Arab Saudi.

"Saya bersyukur, dalam keadaan lanjut usia (lansia) masih diberikan kesempatan oleh Allah Yang Maha Kuasa berangkat ke tanah suci," kata Ramiah, di Asrama Haji Medan, Sabtu.

Baca juga: Jamaah calon haji Labusel diminta jaga kekompakan di Mekkah

Baca juga: Keberangkatan dua calon haji Medan ditunda karena sakit


Saat melaksanakan ibadah haji nanti,  menurut dia, akan berdoa dan semoga kakinya yang selama ini sulit digerakkan (lumpuh) dapat sembuh.

"Saya juga akan berdoa di tanah suci, semoga anak dan cucu diberikan kesehatan, panjang umur, mudah rezeki, serta dapat berguna bagi bangsa dan negara," ujar Ramiah.

Ia menyebutkan, bisa ke Mekkah berkat bantuan anak-anaknya yang sudah lama berniat ingin memberangkatkan orang tuanya beribadah ke tanah suci.

"Alhamdulilah, akhirnya niat anaknya untuk memberangkatkan ke Mekkah tercapai juga. Semoga bisa menjadi haji yang mabrur, dan kembali ke tanah air dengan selamat," katanya.

Sebanyak 389 calon haji Kloter 15 Embarkasi Medan, Provinsi Sumatera Utara, berangkat ke Mekkah melalui Bandara Internasional Kuala Namu, Kabupaten Deli Serdang, Sabtu sekitar pukul 21.00 WIB.

Sebanyak 389 calon haji tersebut, terdiri atas 325 orang dari Kabupaten Batu Selatan, dan 56 orang dari Kota Medan.

Pimpinan Kloter 15 Embarkasi Medan, Mahdi Kiman Kudadiri bin Kuman Kudadiri. Satu orang calon haji mengisi kursi kosong atas nama Supryatno Kaserin Abdullah bin Kasrin (58) eks Kloter 14 asal Kota Medan.

Satu orang mutasi berangkat pada kloter lain, atas nama Muhammad Darwin Harahap bin Pamusuk Harahap (42) asal Kabupaten Labuhan Batu Selatan.

Hadir pada acara tersebut, Kepala Kanwil Kemenag Sumut H. Iwan Zulhami. Data di Panitia Pemberangkatan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan, tercatat 8.641 orang  dari Sumatera Utara yang berangkat ke tanah suci pada 2019.

Baca juga: Calon haji Serdang Bedagai ke Mekkah dari dana pensiunan

 

Pewarta : Munawar Mandailing
Editor: Eddy K Sinoel
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar