DLH gelar aksi bersih di Pantai Indah Maligi-Pasaman Barat

id Aksi bersih pantai,pantai indah maligi,pasaman barat,sumbar

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pasaman Barat, Andrinaldi saat menyerahkan pohon cemara kepada warga untuk ditanam saat aksi bersih Pantai Indah Maligi, Sabtu (27/7/2019). (FOTO ANTARA/HO-DLH Pasaman Barat).

Simpang Empat, Pasaman Barat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengadakan aksi bersih lingkungan pantai di kawasan Pantai Indah Maligi, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie.

Kepala DLH Pasaman Barat, Andrinaldi, Minggu, di Simpang Empat  mengatakan aksi bersih pantai itu bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang tata cara pengolahan sampah plastik dan sampah organik.

Dengan sistem pengolahan sampah yang tertata, kata dia, diharapkan membuat lingkungan lebih bersih dan asri terutama di Pantai Indah Maligi.

"Kita harapkan dengan sistem pengelolaan sampah plastik dan organik yang benar dapat lebih mempercantik Pantai Indah Maligi ini. Apalagi dengan adanya penangkaran penyu yang sudah mulai berkembang," katanya.

Menurutnya saat ini Pantai Indah Maligi berlahan berbenah dengan segala potensi yang ada.

"Terima kasih atas dedikasi seluruh pihak yang telah berjuang demi Pantai Indah Maligi ini, terutama pengiat Pandah Art Green Surya dan kawan-kawan. Semoga menjadi motivasi buat daerah lainnya di Pasaman Barat," ujarnya.

Perwakilan Pantai Indah Maligi, Surya mengapresiasi perhatian Pemkab Pasaman Barat dalam mendukung perjuangan wisata Maligi yang semakin baik ke depannya.

"Perjuangan masyarakat Maligi dalam mempromosikan wisata pantainya sudah mulai mendapatkan hasil. Hal ini terlihat dengan perhatian pemkab melalui dinas terkait seperti saat ini. Semoga ke depannya akan lebih banyak lagi bantuan serta dukungan terutama dalam pembangunan sarana pendukung wisata seperti sarana toilet serta bangunan konservasi penyu Maligi," katanya.

Pada kesempatan itu DLH juga melaksanakan kegiatan penanaman pohon cemara sekaligus edukasi cara penanaman pohon cemara laut serta cara pembibitan cemara laut.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut beberapa anggota off road Pasaman Barat para mahasiswa beberapa universitas ternama di Kota Padang yang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) serta perangkat nagari persiapan Maligi.

Kegiatan itu ditutup dengan pelepasan beberapa ekor anak penyu ke laut lepas hasil penangkaran pemuda Maligi yang tergabung dalam organisasi Pandah Art Green.

Baca juga: Ratusan anak penyu dilepas di Pantai Indah Maligi Sasak Pasaman Barat

Baca juga: DKP Sumbar Lepas 10.000 Ekor Penyu Setiap Tahun

Baca juga: Eksplotasi Telur Penyu di Sumbar Mengkhawatirkan

Pewarta : Altas Maulana
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar