Jakarta (ANTARA) - Aplikasi pemanggilan layanan transportasi secara daring Grab mengumumkan penerimaan investasi sebesar dua miliar dolar Amerika Serikat dari SoftBank yang akan digunakan untuk digitalisasi sejumlah layanan penting dan proyek infrastruktur di Indonesia.

"Kami sangat senang dapat memfasilitasi investasi SoftBank dan percaya bahwa melalui investasi untuk digitalisasi layanan penting dan proyek infrastruktur. Kami berharap dapat turut mendukung dan mewujudkan ambisi Indonesia untuk menjadi ekonomi digital terbesar di kawasan Asia Tenggara serta meningkatkan kesejahteraan yang berkelanjutan bagi jutaan orang di Indonesia," kata CEO Grab Anthony Tan saat berkunjung ke Istana Negara, dikutip dari siaran pers, Senin.

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Grab yang diwakili Anthony Tan dan Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata serta CEO Softbank Masayoshi Son di Istana Negara.

Grab dan SoftBank akan membuat jaringan transportasi generasi terbaru di Indonesia dengan ekosistem kendaraan elektrik untuk mendorong jaringan transportasi yang ramah lingkungan.

Grab dan SoftBank juga akan mengembangkan solusi geo-mapping untuk mendorong adopsi teknologi di Indonesia.

Baca juga: Presiden Jokowi terima pimpinan Softbank dan Grab

Grab juga berencana membangun kantor pusat kedua di Indonesia yang akan menjadi pusat penelitian dan pengembangan. Pusat Litbang Grab Indonesia itu juga akan menjadi kantor pusat GrabFood.

”Indonesia selalu menjadi fokus bagi Grab. Kantor pusat yang kedua di Jakarta akan membuat kami dapat melayani kebutuhan Indonesia sehingga ekonomi berkembang di kawasan itu. Sebagai technology decacorn, Grab sangat memahami kebutuhan dan tantangan yang dihadapi oleh Indonesia. Kami berada di posisi yang tepat untuk mendukung terwujudnya lebih banyak perusahaan berbasis high technology dan infrastruktur dari Indonesia,” ujar Ridzki Kramadibrata.

"Sektor teknologi di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dan saya sangat senang dapat berinvestasi bagi masa depan Indonesia melalui Grab dengan investasi sebesar dua miliar (lebih dari Rp27 triliun)," kata CEO SoftBank Masayoshi Son.

Grab telah berinvestasi di Indonesia senilai lebih dari satu miliar dolar AS sejak 2017 melalui program Grab 4 Indonesia 2020 dan program pengembangan perusahaan rintisan (start up).

Pada awal 2019, SoftBank telah berinvestasi 1,46 miliar dolar AS di Grab.

Baca juga: Usai bertemu Jokowi, Grab janji dukung pariwisata Indonesia

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019