Jayapura (ANTARA) - Satuan tugas (Satgas) pengamanan perbatasan (Pamtas) RI-PNG dari Yonif PR 328/DGH perkenalkan ilmu komputer kepada pelajar perbatasan tepatnya di SMP Mahanaim, di Kampung Yetti, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, Papua.

Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas RI-PNG dari Yonif PR 328/DGH Mayor Inf Erwin Iswari ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Papua, Senin, mengatakan pembekalan itu dilakukan sejak Sabtu pekan lalu.

"Guna meningkatkan kemampuan pengetahuan mengenai teknologi dan informatika di era globalisasi, personel dari Pos Yetti yang dipimpin oleh Serda Yudah memberikan latihan pengenalan komputer kepada siswa-siswi SMP Mahanaim Yetti," katanya.

Pengenalan materi komputer kepada pelajar SMP yang terletak tak jauh dari perbatasan RI-PNG itu, kata dia, merupakan yang pertama kali dilakukan.  "Pengenalan materi komputer baru kali ini diajarkan oleh personel Satgas dikarenakan kurangnya sarana serta guru yang membidangi materi IT pelajaran komputer," katanya.

Apalagi, lanjut dia, di sekolah tersebut tidak ada alat peraga seperti komputer PC ataupun laptop sehingga sama sekali, para pelajar belum memahami apa itu tentang komputer ataupun laptop.

"Di era yang semakin maju ini, pemberian materi komputer itu penting agar para generasi penerus kita dapat bersaing di zaman modern ini," katanya.

Mayor Erwin mengatakan selain pengenalan tentang fisik komputer ataupun laptop, para pelajar SMP diberikan pemahaman dasar tentang komputer seperti Ms Word, Ms Excel dan aplikasi dasar lainnya.

Kepala Sekolah SMP Mahanaim Yetti, Matias Wadi mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh personel TNI AD itu. "Kami harap ilmu yang diberikan dapat bermanfaat bagi perkembangan anak-anak ke depannya," katanya.*

Baca juga: Yang dilakukan Yonif PR 328/DGH di SD perbatasan

Baca juga: Patroli kesehatan digelar Yonif PR 328/DGH di perbatasan RI-PNG

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019