Kita sekarang punya dua cold storage, satu punya pemerintah satu lagi milik swasta. Dua cold storage ini paling hasilnya dua kontainer
Banda Aceh (ANTARA) - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh Cut Yusminar mengatakan hasil tangkapan ikan Aceh melebihi 100 ton per hari, dan kini Aceh masih kekurangan gudang pendingin (cold storage) untuk menampung ikan sebelum diekspor.

“Hasil tangkapan cukup banyak, kualitasnya sudah mulai bagus. Di PPS (Pelabuhan Perikanan Samudera) Kutaraja Banda Aceh, 80 sampai 100 ton per hari, kalau di Idi, Aceh Timur mulai 60 sampai 80 ton juga, kalau kapal kecil-kecil itu udah 20 sampai 25 ton per hari,” katanya di Banda Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan sekarang ini Aceh masih melakukan ekspor ikan melalui Medan Sumatera Utara (Sumut), karena cold storage yang dimiliki Aceh masih sangat terbatas.

Menurut dia, provinsi paling barat Sumatera itu masih sangat membutuhkan penambahan gudang pendingin yang bisa difungsikan baik dari pemerintah maupun dari pihak swasta sehingga membuat para pengusaha cold storage tersebut bersatu dan bisa melakukan ekspor ikan secara bersama dalam jumlah besar.

“Kita sekarang punya dua cold storage, satu punya pemerintah satu lagi milik swasta. Dua cold storage ini paling hasilnya dua kontainer, satu kapal itu masuk beberapa kontainer yang dibawa,” kata Cut.

Cut juga mengharapkan agar ada investor yang masuk ke Aceh membangun untuk cold storage. Pihak DKP Aceh katanya, sedang memperjuangkan dana bersumber dari APBN untuk membangun gudang pendingin.

Terutama untuk pantai timur Aceh yang khususnya ekspor udang, seperti yang pernah dilakukan Aceh pada tahun 2000-an ke Uni Eropa dan Jepang.

“Dan sekarang ini kita punya bahan bakunya (udang) di Aceh. Ikan segar kita banyak dibawa ke Sumatera Utara dulu, (baru diekpor). Ke Padang (Sumatera Barat), Riau juga semua masih lewat Medan (Sumut). Harapan kita hasil tangkapan besar, kita bisa ekspor secara langsung,” ujarnya.


Baca juga: Aceh ekspor enam ton ikan segar lewat laut ke Thailand
Baca juga: DKP Aceh akan operasionalkan gudang pendingin ikan
Baca juga: Puluhan ton ikan diterima Pelabuhan Perikanan Samudera Kutaraja-Aceh setiap hari

Pewarta: Irman Yusuf
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019