Bengkalis (ANTARA) - Satu helikopter "Water Bombing" Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) diturunkan untuk membantu Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi dalam beberapa hari ini di Bengkalis Riau.

"Karhutla saat ini terjadi di kecamatan Bantan dan Bengkalis, satu helikopter dari BNPB Provinsi Riau diturunkan untuk membantu padamkan karhutla diwilayah tersebut, " ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis Tajul Mudaris, Kamis.

Dikatakan Tajul, status lahan yang terbakar saat ini merupakan lahan perkebunan masyarakat dengan struktur tanah gambut, sehingga api dengan cepat berpindah membakar lahan di sekitarnya.

"Untuk karhutla di Kecamatan Bantan luas yang terbakar sebelumnya sudah mencapai 2,5 hektare dan hari ini sudah diperkirakan terus bertambah," ungkap Tajul.

Penyebab kebakaran sampai saat ini, kata mantan Sejtretaris Bappeda Bengkalis ini belum bisa di pastikan dan api masih menyala di beberapa titik dan tidak terlalu besar.

"Petugas masih berjibaku memadamkan lahan yang masih terbakar di TKP, yang dilakukan melalui jalur darat dan udara, Diperkirakan titik api sudah semakin hilang dibeberapa titik, dan hanya menyisakan asap, dan kemungkinan api bisa hidup kembali disebabkan faktor cuaca panas dan angin kencang," ungkapnya.

Untuk Karhutla yang terjadi di Kecamatan Bengkalis merupakan lahan gambut milik masyarakat, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian tim masih berupaya melakukan pemadaman hambatan sumber air pemadaman dari sumur.

"Tim yang turun dibagi untuk dua lokasi diantaranya dari BPBD, Damkar 15, Polri, TNI dan dibantu juga dari pihak perusahaan PT RRL, MPA dan masyarakat setempat," kata Tajul.

Selain helikopter peralatan yang digunakan mesin portable, Kohler, mini streker untuk membantu pemadaman melalui jalur darat.

Baca juga: BPBD Bengkalis padamkan karhutla di Kecamatan Bathin Solapan

Baca juga: Bengkalis hadapi 20 kebakaran lahan sepanjang Mei

Pewarta: Alfisnardo
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019