Palangka Raya (ANTARA) - Baca juga: Gubernur tegaskan Kalteng selalu siap jadi ibukota negaraGubernur Kalimantan Timur Isran Noor membantah dirinya pernah membandingkan wilayah yang ia pimpin, dengan Kalimantan Tengah maupun provinsi lainnya di Kalimantan, terkait rencana pemindahan ibu kota negara ke lokasi yang baru.

"Saya tidak pernah mengatakan itu, yakni membandingkan daerah ini lebih bagus dibandingkan lainnya. Kalau sampai ada beredar berarti itu hoaks atau kabar bohong," katanya saat berada di Palangka Raya, Kamis.

Terkait lobi ke pemerintah pusat tentang penentuan lokasi ibu kota negara yang baru, pihaknya juga tidak ada melakukan lobi. Pemprov Kaltim hanya menyampaikan data-data yang diperlukan oleh pemerintah pusat.

Menurutnya ada dua jenis lobi, yakni secara diam-diam dan terbuka. Namun pihaknya tidak melakukan keduanya, sebab apabila nanti terpilih dengan berbagai persyaratan khusus yang harus dipenuhi, tentu malah akan menyulitkan.

"Kalau negara ataupun pemerintah pusat memerlukan pemindahan ibu kota, kami siap. Mengenai penetapan akhirnya, ya bersama-sama kita tunggu saja keputusan presiden," jelasnya.

Sama dengan Kalteng, dalam penyediaan lahan untuk kebutuhan ibu kota negara yang baru, Kaltim tidak ada mengalami kendala. Saat ini sudah tersedia lahan yang cukup memadai, yakni sekitar 68.000 hektare dan telah dilaporkan kepada pemerintah pusat.

Hanya saja lahan tersebut masih bisa diperluas lagi, yakni ke wilayah timur dan juga barat. Perluasan yang dimungkinkan itu mencapai sekitar 200 ribu hektare dan tidak ada masalah terkait status kepemilikan lahannya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, rencana pemindahan ibu kota ke Kalimantan sangatlah tepat guna mewujudkan Indonesia Sentris. Isran pun mengapresiasi keinginan dari Presiden Jokowi itu, sebab akan menjadi sebuah peninggalan besar dalam sejarah dan dikenang oleh rakyat Indonesia.

"Namun yang jelas, mau pindah kemana pun ibu kota Indonesia yang baru, kami selalu siap. Feeling atau perasaan saya, ibu kota baru ya di Kalimantan," ungkapnya sembari bercanda pada kalimat akhir yang ia utarakan tersebut.
Baca juga: Pemindahan ibu kota harus didukung tata ruang jangka panjang
Baca juga: Sekda Kalteng: isu perpindahan Ibu kota Negara picu pembakaran lahan

Pewarta: Kasriadi/Muhammad Arif Hidayat
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019