Tiga caketum Iluni UI adu gagasan melalui ajang debat

id iluni ui,universitas indonesia,ketua umum iluni ui

Ajang debat yang diikuti tiga kandidat calon ketua umum Iluni UI periode 2019-2022 (Foto dokumentasi panitia iluni UI)

Jakarta (ANTARA) - Tiga calon ketua umum Ikatan Alumni (Iluni) UI periode 2019-2022 yakni Andre Rahadian (FHUI 1991), Bambang Brodjonegoro (FEUI 1985), dan Rudy ‘Bun’ Salahuddin (FTUI 1987) mengikuti ajang debat untuk kemajuan organisasi.

Debat terbuka tersebut dilaksanakan di Gedung IASTH Pascasarjana UI Lantai 3, Kampus UI Salemba, debat dihadiri oleh tiga kontestan pemilihan beserta tim kampanye, para pendukung serta para alumni UI. "Kami menghadirkan lima orang panelis dihadirkan untuk menguji visi, misi, serta programprogram yang dimiliki ketiga calon," kata Ketua Pelaksana Pemilihan, Tomy Suryatama di Jakarta, Kamis malam.

Kelimanya berasal dari berbagai unsur yang mewakili UI. Mereka adalah Erwin Nurdin (Direktur Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni UI), Ahmad Firdaus (CEO Ecomindo), Emil Ranakusuma (Ketua ILUNI UI Chapter USA), Yan P. Mandenas (Ketua ILUNI UI Wilayah Papua), serta Manik Marganamahendra (Ketua BEM UI 2019).

Penggunaan teknologi mendukung berjalannya acara debat pertama ini. Panitia menyediakan fasilitas video conference melalui skype, yang dimanfaatkan oleh salah satu calon yang berhalangan hadir secara langsung, Bambang Brodjonegoro, dan salah satu panelis yakni Emil Ranakusuma yang saat ini tengah berada di Amerika Serikat.

Sesuai tema debat pertama, ILUNI UI untuk Almamater dan UI, ketiga calon memperkenalkan visi, misi, serta program mereka yang menyentuh ranah keguyuban alumni dan program-program yang dapat memajukan almamater.

Dari debat ini dapat dilihat, bahwa ada lima hal yang menjadi titik perhatian utama dari alumni dan UI terhadap kepengurusan ILUNI UI berikutnya: endowment fund, netralitas ILUNI UI dalam politik, komitmen waktu calon, keguyuban dan kolaborasi ILUNI fakultas dan wilayah, serta kontribusi ILUNI UI untuk jenjang karier dan pengembangan kewirausahaan alumni UI.

Andre Rahadian dengan slogannya “Makin Jadi, Lebih BerARti!”, mengusung visi menjadikan ILUNI UI sebagai ruang temu Alumni yang lebih berARti.

Dalam debat ini, Andre Rahadian menyatakan keinginannya untuk meneruskan dan mengembangkan program yang sudah dikerjakannya di kepengurusan ILUNI UI 2016-2019, salah satunya adalah penggunaan aplikasi UI Connect yang dapat dijadikan salah satu sarana tercepat bertemunya para alumni.

Program lain yang telah berjalan dan akan semakin dioptimalkan adalah program beasiswa dari ILUNI UI bekerja sama dengan BEM UI, yakni UI Excellence Awards.

"ILUNI UI punya program UI Excellence, tahun ketiga nanti mudah-mudahan akan lebih banyak donatur yang bersedia memberi bantuan,” sebut Andre Rahadian.

Bambang Brodjonegoro dengan semangat #BangBro4ILUNIUI, memiliki harapan menjadikan ILUNI UI sebagai ikatan alumni kelas dunia.

Dalam memaparkan visi-misinya, lebih jauh Bambang Brodjonegoro menjelaskan ada tiga stakeholder yang harus diperhatikan: UI (tataran kepemimpinan dan fakultas), Alumni, dan para mahasiswa.

“ILUNI UI akan bahu membahu dengan rektorat untuk menjadikan UI sebagai world class university terbaik”, kata Bambang Brodjonegoro.

Tak hanya bicara soal world class university, ia juga mengutarakan upayanya kelak dalam menjaga kekerabatan, persaudaraan dan kekompakan alumni UI melalui berbagai kegiatan olahraga dan budaya yang bervariasi.

Sedangkan Rudy "Bun" Salahuddin yang mendeklarasikan “Gue Bun, Bersinergi untuk Negeri” menginginkan terwujudnya sinergi Alumni UI menuju Indonesia Maju.

Rudy "Bun Salahuddin ingin dapat menyatukan potensi dan talenta alumni yang ada melalui jejaring nasional dan global yang unggul.

Pada kesempatan itu, Rudy Bun memperkenalkan program “Kita Makin Connect”, salah satu upaya yang akan dilakukannya untuk dapat menyatukan potensi alumni melalui UI Connect.

“Kita berharap di awal UI Connect dapat menjadi basis dalam melakukan kolaborasi,” ujar Rudy Bun. Sinergi juga ditekankan Rudy Bun dalam ranah hubungan antara ILUNI UI dan ILUNI Fakultas serta Wilayah.

Meski mengusung visi, misi serta program unggulan yang berbeda, ada beberapa hal yang dapat ditarik benang merahnya dari ketiga calon ketua umum ILUNI UI. Ketiga calon ketua umum menyatakan bahwa ILUNI UI harus tetap berada pada posisi netral dalam kaitannya dengan keberpihakan politik.

Selain itu, ketiganya berkomitmen untuk mendukung mahasiswa dan alumni dalam jenjang karier dan dunia kewirausahaan, kata Tomy.*

Baca juga: Panitia Ketum Iluni UI tetapkan tiga calon

Baca juga: Ikatan Alumni UI kembangkan aplikasi UI Connect

Pewarta : Ganet Dirgantara
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar