Kita targetkan setiap fakultas menggelar konferensi international agar terbentuk kerja sama dengan berbagai pihak dari luar negeri untuk mendapatkan "brand" internasional
Makassar (ANTARA) - Wakil Rektor IV Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof dr Nasrum Masri mengemukakan bahwa Unhas tengah berupaya mencapai target sebagai salah satu universitas berstandar kelas dunia (world class university) tahun 2020.

"Kita targetkan setiap fakultas menggelar konferensi international agar terbentuk kerja sama dengan berbagai pihak dari luar negeri untuk mendapatkan 'brand' internasional," katanya saat mewakili Rektor Unhas pada International Conference On Nutrition And Public Health (ICNPH) di Makassar, Jumat.

Menurutnya, kegiatan bertaraf international seperti ICNPH memiliki poin yang sangat besar dengan penilaian sekitar 60 persen, sehingga diharapkan berbagai fakultas di Unhas juga melakukan hal yang sama.

Adapun upaya yang telah dilakukan Unhas untuk mencapai target universitas berkelas dunia di antaranya menggenjot para dosen-dosen luar negeri untuk berkunjung dan komitmen dalam bentuk kerja sama. Selain itu, bagi mahasiswa juga didukung melakukan studi ke luar negeri (sisterschool) serta memfasilitasi mahasiswa dari luar negeri bertandang dan belajar di Unhas.

"Sehingga nama Unhas bisa semakin diperhitungkan. Karena saat ini Unhas menempati posisi delapan untuk seluruh universitas di Indonesia dan kita masih dalam tingkat  ASEAN," katanya.

Oleh karena itu, Guru Besar yang menaungi Bidang Riset dan Inovasi itu sangat mengapresiasi kegiatan ICNPH yang digagas Departemen Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Unhas.

Terlebih ICNPH merupakan konferensi internasional pertama yang digelar di Indonesia dengan mengangkat isu percepatan penanganan stunting.

"Mengenai isu 'stunting' kita di Unhas memang telah memiliki beragam kegiatan untuk mengatasi hal ini dan telah menekankannya pada medical faculty (fakultas kesehatan)," kata pakar mikrobiologi itu.

Diharapkan ICNPH bisa meningkatkan kapasitas Unhas melalui peningkatan index pengetahuan terkait stunting lewat makalah dan 50 jurnal yang siap dimasukkan terkait kegiatan ini yang semakin banyak menghasilkan promotor untuk program studi gizi dan nutrisi, demikian Nasrum Masri ​​​​​​./

Baca juga: Mahasiswa 20 negara ikuti Unhas International Cultural

Baca juga: Mahasiswa Unhas sulap emisi karbon jadi oksigen

Baca juga: Syafruddin dukung Unhas jadi universitas bertaraf internasional

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019