Aktor dengan sindrom Down bintangi film Hollywood

id Zack Gottsagen, sindrom down, peanut butter falcon, film hollywood

Zack Gottsagen (tengah) bersama Shia LaBeouf dan Dakota Johnson di premiere film yang dibintanginya "The Peanut Butter Falcon". (Instagram/@zacharygottsagen)

Jakarta (ANTARA) - Seorang aktor dengan sindrom Down Zack Gottsagen membintangi film Hollywood "The Peanut Butter Falcon" yang mendapat pujian dan komentar dari para kritikus.

Gottsagen memainkan peran utama dalam film sebagai seorang pria muda yang melarikan diri dari panti jompo tempat dia tinggal untuk mengejar mimpinya menjadi pegulat profesional.

Dalam perjalanannya, ia berteman dengan penjahat kelas teri yang diperankan oleh bintang "Transformers", Shia LaBeouf. Aktris Dakota Johnson juga bermain dalam film tersebut, sebagai perawat yang dikirim untuk menemukan karakter Gottsagen.

"The Peanut Butter Falcon" adalah satu dari sedikit film Hollywood yang menampilkan aktor dengan sindrom Down sebagai pemeran utama, seperti dilansir Reuters, Sabtu.

Sementara di karpet merah premier film itu, sutradara pendamping Tyler Nilson dan penulis Michael Schwartz mengatakan bertemu Gottsagen ketika mereka menjadi sukarelawan di sebuah kamp untuk para penyandang cacat. Saat itu Gottsagen mengatakan ingin menjadi bintang film.

Baca juga: Teh hijau tingkatkan kemampuan kognitif penderita sindrom down

Nilson dan Schwartz biasa pembuat film pendek dan menggarap iklan tetapi tidak pernah memproduksi film. Namun, mereka memutuskan untuk menulis film yang bisa dibintangi Gottsagen.

Film tersebut telah memikat para kritikus, mendapatkan peringkat positif 100 persen di situs ulasan Rotten Tomatoes. "The Peanut Butter Falcon" akan dirilis di Amerika Serikat, pada 9 Agustus.

Baik LaBeouf dan Johnson mengatakan mereka merasa dekat dengan Gottsagen layaknya keluarga.

"Dia seperti pelindung bagiku," kata LaBeouf. "Dia menjadi pilar dalam hidupku. Dia membuat saya bertahan dan memberi saya banyak nasihat. "

Dalam acara premier, Gottsagen memberi saran untuk orang lain yang ingin mengikuti jejaknya. "Ikuti hatimu dan ikuti mimpimu," katanya.

"Tapi pertama-tama, kamu harus tetap di sekolah, belajar, belajar banyak."

Setelah itu, "Raih posisi puncak dan lakukan sesuatu yang besar," tambahnya.

Baca juga: Model dengan sindrom down wujudkan mimpi di New York Fashion Week

Baca juga: Arina Dhisya belajar sindrom down lewat peran di "Down Swan"

Pewarta : Heppy Ratna Sari
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar