Aceh Barat tahun ini salurkan beasiswa Rp1 miliar untuk 1.000 santri

id Beasiswa santri,Pemkab Aceh Barat,Bupati Aceh Barat

Bupati Aceh Barat H Ramli MS menyerahkan bantuan keuangan kepada santri yang berasal dari keluarga kurang mampu dan guru pesantren yang tersebar di 12 kecamatan di daerah itu di Aula Setdakab Aceh Barat, Jumat (2/8/2019) sore. Bantuan yang disalurkan melalui lembaga zakat Baitul Mal tersebut mencapai Rp506 juta lebih yang merupakan bantuan dari kalangan dermawan, ASN dan donatur lainnya. (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)

Meulaboh (ANTARA) - Bupati Aceh Barat, H Ramli MS memastikan sebanyak 1.000 orang santri yang belajar di sejumlah pesantren/dayah di daerah itu akan mendapatkan beasiswa sebesar Rp1 miliar atau Rp1 juta per santri.

Seluruh alokasi dana bantuan sosial tersebut bersumber dari dana APBK Tahun 2019.

"Pemberian beasiswa sebesar Rp1 miliar untuk 1.000 orang santri ini bertujuan untuk meningkatkan semangat santri sebagai kader penerus agama, bangsa dan negara di Aceh," kata Bupati Aceh Barat H Ramli MS, Sabtu di Meulaboh.

Menurutnya, selama ini kesejahteraan para santri di daerah itu sangat minim dan kurang diperhatikan sehingga banyak di antara santri yang harus bekerja separuh waktu agar bisa mendapatkan uang, atau mengandalkan uang kiriman dari kampung masing-masing.

Dengan adanya beasiswa khusus santri, Ramli MS berharap kesejahteraan seluruh santri di Aceh Barat ke depan akan lebih baik, sehingga nantinya minat santri untuk belajar agama dan mentransfer ilmu agama kepada masyarakat semakin lebih besar.

"Program beasiswa santri yang saya cetuskan ini murni untuk membalas jasa rakyat, semoga bermanfaat bagi semua masyarakat di Aceh Barat," kata Ramli MS menambahkan.

Ia juga bertekad selama kepemimpinannya, kesejahteraan para guru di pesantren/dayah, teungku, yatim, ulama, serta masyarakat miskin dan kurang mampu akan tetap diprioritaskan sehingga kehidupan masyarakat di daerah ini semakin lebih baik dan berkembang.

Tidak hanya itu, sejumlah beasiswa juga akan dikucurkan bagi putra-putri daerah asal Aceh Barat yang belajar di setiap perguruan tinggi, baik di dalam daerah maupun di luar daerah demi cerdasnya generasi penerus bangsa, ungkapnya.

Pewarta : Teuku Dedi Iskandar
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar