Sumedang (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo meminta wisudawan Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) tahun akademik 2018/2019 untuk memperjuangkan dan menyerap aspirasi masyarakat.

"Tugas anda belum selesai karena tugas anda yang utama adalah pengabdian pada masyarakat dimanapun anda berada. Teruslah menimba ilmu, serap aspirasi masyarakat dan perjuangkan," kata Tjahjo dalam sambutannya saat Sidang Senat Terbuka wisuda IPDN, di Kampus IPDN Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Senin.

Tjahjo juga meminta para wisudawan yang ditempatkan di berbagai daerah, mampu melayani masyarakat dengan cepat dan ramah karena alumni IPDN sangat dinantikan pengabdiannya di masyarakat.

"Pelayanan dan kecepatan anda ditunggu masyarakat, layani masyarakat dengan cepat dan ramah. Gerakan dan berdayakan masyarakat sesuai disiplin ilmu yang ada," ujarnya.

Baca juga: Mendagri ingatkan wisudawan IPDN bahaya radikalisme dan rawan korupsi

Baca juga: Ombudsman, Kemendagri dan kemenko mencapai dua komitmen bersama

Baca juga: Ombudsman: Keluhan masyarakat terbanyak ditujukan pada pemda


Tjahjo juga berpesan agar para wisudawan senantiasa meningkatkan kapasitas diri lantaran wisudawan yang ditempatkan juga berperan dalam membangun tata kelola pemerintahan yang semakin efektif dan efisien.

"Anda juga harus meningkatkan kualitas sumber daya manusia sesuai arahan Presiden. Ingat, tugas Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah ketika Anda ditempatkan, adalah membagnun tata kelola pemerintahan yang semakin efektif, efisien, guna mempercepat reformasi birokrasi dalam upaya penguatan otonomi daerah," paparnya.

Ia juga meminta seluruh wisudaan IPDN untuk bersinergi dan berkoordinasi dengan setiap pemangku kepentingan untuk menjaga stabilitas dan keamanan.

"Tugas anda di tingkat kecamatan, kabupaten/kota, ingat bahwa anda tidak berdiri sendiri, karena yang namanya Pemerintah ada TNI, Polri, tokoh agama, tokoh adat, serta tokoh masyarakat yang merupakan bagian dari pemerintahan yang harus bersinergi," ujarnya.

Sebanyak 980 Wisudawan yang diwisuda hari ini. Dari 980 wisudawan tersebut, sebanyak 744 yang menjadi purna Praja akan dilantik Wakil Presiden Jusuf Kalla pada Selasa (6/8).

"Selamat dan sukses Anda telah mampu melaksanakan tugasj belajar dengan baik dan besok pagi Insya Allah akan dilantik oleh Wapres," kata Tjahjo.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019