Sebagian besar kalau sudah berkeluarga rata-rata banyak yang mengambil tipe dua kamar
Jakarta (ANTARA) - Kepala UPT Fasilitas Pemilikan Rumah Sejahtera mengatakan untuk tipe yang lebih banyak diminati pada program "Solusi Rumah Warga" (Samawa) atau yang dikenal dengan program hunian DP atau uang muka Rp0 yaitu tipe dua kamar dibandingkan tipe yang lain.

"Sebagian besar kalau sudah berkeluarga rata-rata banyak yang mengambil tipe dua kamar," kata Kepala UPT Fasilitasi Pemilikan Rumah Sejahtera, Dzikran Kurniawan di Jakarta, Senin.

Dzikran menjelaskan, hal itu dikarenakan mereka sudah memiliki anak dan lebih nyaman. Selain tipe dua kamar juga tersedia tipe 21 (studio) yang diharapkan untuk keluarga baru.

Pihaknya menyediakan beberapa tipe di hunian samawa DP Rp0 tersebut, agar adanya jenjang karir dibidang perumahan, dikarenakan unit ini tidak dapat dialihkan, kecuali kepada masyarakat yang berpenghasilan rendah juga.

"Yang tadinya mengambil tipe studio, ketika dia membutuhkan hunian yang lebih besar maka bisa beralih ke tipe satu kamar, kemudian jika anaknya sudah lebih besar lagi bisa mengambil yang tipe dua kamar," kata dia

Sebelumnya, hari terakhir pengajuan permohonan kredit rumah DP Rp0 (rumah tanpa uang muka) Samawa Klapa Village, Jakarta Timur, Minggu (4/8/2019), baru 1.063 orang pemohon hadir untuk memenuhi undangan proses kredit.

Menara Samawa memiliki 21 lantai dengan 780 unit yang terbagi menjadi tiga tipe, yaitu tipe studio, satu kamar tidur, dan dua kamar tidur.

Dari masing-masing unit ada dua tipe lagi. Pertama ada tipe Studio, terbagi Studio A ada 160 unit dan Studio C ada 80 unit. "Perbedaan dari tipe itu luasnya saja," kata Humas Perumda Pembangunan Sarana Jaya Yulianita, kepada ANTARA di Jakarta, Senin (29/7/2019).

Tipe studio dilengkapi dengan satu kamar mandi yang terletak di bagian sisi kiri dari pintu masuk. Luas untuk tipe Studio A 21 meter persegi sedangkan untuk tipe studio corner luasnya bertambah menjadi 22,25 meter persegi.

Untuk tipe satu kamar, saat membuka pintu akan dihadapkan oleh lorong dengan lokasi kamar mandi di sebelah kanan dari arah pintu masuk.

"Tipe satu kamar tidur A dan satu kamar tidur C itu juga beda di luasnya. Untuk tipe satu kamar tidur C tersedia 20 unit," lanjut Yulianita.

Selanjutnya untuk tipe dua kamar, letak kamar mandi tetap berada dekat pintu masuk. Namun, terlihat nampak luas karena terdapat ruang untuk ruang tamu. Ketika membuka pintu masuk, akan terlihat dua kamar yang terletak bersebelahan.

"Tipe dua bedroom A yang jumlahnya paling banyak di menara Samawa ada 340 unit. Terus ada tipe 2 bedroom C yang jumlahnya hanya 20 unit yang di masing-masing lantai cuma ada satu unit,"  tutur dia.

Pewarta: Nova Wahyudi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019