Ahmad Basarah: Kongres PDIP akan tetapkan Megawati ketua umum

id Ketua DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto ,kongres pdip di bali,megawati ketua umum pdip

Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDIP Ahmad Basarah saat ziarah ke makam Presiden Pertama RI Soekarno di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanan Wetan, Kota Blitar, Jawa Timur, Senin (5/8). Foto Antara Jatim/ Asmaul Chusna

Blitar (ANTARA) - Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah mengungkapkan Kongres Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Bali, pada 8-11 Agustus 2019 akan menetapkan Megawati Soekarnoputri sebagai ketua umum.

"Kongres nanti secara definitif bersifat menetapkan kembali Ibu Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum PDIP masa bakti 2019-2024 sebagaimana aspirasi yang sudah berkembang pada seluruh konferensi cabang di 514 cabang seluruh Indonesia," katanya setelah berziarah di makam Presiden Pertama RI Soekarno di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanan Wetan, Kota Blitar, Jawa Timur, Senin.

Baca juga: Megawati ziarah makam Bung Karno jelang Kongres PDIP di Bali

Terkait dengan kebutuhan postur, struktur, dan personalia di DPP PDIP, lanjut Basarah, wewenang sepenuhnya menjadi hak prerogatif ketua umum.

"Apakah akan dibentuk ketua harian atau wakil ketua umum sepenuhnya menjadi pertimbangan Ibu Megawati selaku ketua umum, mandataris kongres. Mari kiat lihat pada 8-11 Agustus yang akan datang, apakah Ibu Megawati akan mengumumkan perlu atau tidak perlu struktur ketua harian atau wakil ketua umum," kata dia.

Baca juga: PDIP: Kongres V forum persiapan raih lagi kemenangan Pemilu 2024.

Namun, kata dia, secara demokratis kongres akan menetapkan Megawati sebagai ketua umum terpilih, yang memang merupakan aspirasi dari seluruh cabang PDIP.

Terkait dengan jadwal kongres ini, Basarah mengatakan sengaja dipercepat untuk mengikuti agenda nasional yaitu telah selesainya agenda Pemilu 2019, menetapkan Jokowi dan KH Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden, sehingga PDIP secepatnya konsolidasi.

"PDIP sebagai partai pemerintah harus cepat konsolidasi agar dapat mendampingi, mendukung suksesnya pemerintahan Pak Jokowi dan KH Ma'ruf Amin," kata dia.

Sementara itu, disinggung terkait dengan kepastian kehadiaran Ketua DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto saat pembukaan kongres di Bali, Basarah mengatakan dari informasi yang didapatnya hingga kini direncanakan Prabowo akan hadir. Selain itu, sejumlah ketua umum partai politik lainnya dan tokoh juga akan hadir di kongres.

Sebelumnya, Megawati dan rombongan mengawali rangkaian acara Kongres kelima PDIP dengan ziarah ke makam Presiden Pertama RI Soekarno di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanan Wetan, Kota Blitar.

Selain Megawati, juga terdapat sejumlah petinggi DPP PDIP lainnya, serta pengurus jajaran baik tingkat provinsi hingga daerah. Semuanya ikut serta ziarah ke makam Bung Karno, yang juga ayah dari Megawati.

Pewarta : Asmaul Chusna
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar