Manokwari (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada tahun ini akan membantu pembangunan sebanyak 450 unit rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat.

Total anggaran yang akan digelontorkan pada Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) ini mencapai Rp15,4 miliar.

Koordinator BSPS wilayah Papua Barat Iryanto Sirait di Wasior, Senin, menjelaskan, di Teluk Wondama, program ini akan diarahkan sebagian besar ke wilayah Distrik Roon. Itu dilakukan untuk mendukung pengembangan pariwisata.

“Distrik Roon yang saat ini dalam pengembangan wisata diberikan sebanyak 162 unit rumah senilai 5,67 miliar dari alokasi 450 unit rumah tersebut," kata Iryanto.

Sirait mengatakan, secara keseluruhan dalam dua tahun terakhir Pemkab Teluk Wondama telah mendapatkan bantuan perumahan dari Kementerian PUPR sebanyak 800 unit. Pada 2018 daerah yang mendominasi potensi pariwisata di Taman Nasional Teluk Cenderawasih ini kebagian 350 unit rumah.

Diharapkan bantuan pemerintah pusat itu dikelola dengan baik sehingga bisa menghadirkan kesejahteraan bagi warga kurang mampu di Teluk Wondama.

“Ini merupakan jawaban dari proposal yang diajukan Bapak Bupati Bernadus Imburi. Kiranya dapat membantu Wondama menuju ke yang namanya ‘Sasar Wondama’ (moto kabupaten) sesuai yang dicita-citakan selama ini, “ ucap mantan pegawai Bappeda Teluk Wondama itu.

Wakil Bupati Teluk Wondama Paulus Indubri pada kesempatan terpisah mengaku bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah pusat yang telah menjawab aspirasi dan harapan masyarakat Wondama.

“Bantuan rumah ini akan kami gunakan secara arif dan bijaksana demi masyarakat Wondama yang sejahtera," kata Indubri seraya menambahkan, beberapa unit rumah di antaranya sudah diserahkan pekan lalu.

Pewarta: Toyiban
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019