Presiden Iran: Perang dengan Iran adalah biang dari segala perang

id Hassan Rouhani,Javad Zarif,Konflik Iran

Presiden Iran Hassan Rouhani berjabat tangan dengan Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas saat pertemuan di Tehran, Iran, Senin (10/6/2019). (REUTERS/HANDOUT)

Jenewa (ANTARA) - Perang dengan Iran adalah biang dari segala perang, Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan pada Selasa dalam pidato yang disiarkan langsung stasiun TV pemerintah, dan memperingatkan sekali lagi bahwa pengiriman di Selat Hormuz mungkin tidak aman.

Ketegangan antara Iran dan negara Barat meningkat sejak tahun lalu, saat AS mundur dari kesepakatan internasional, yang mengekang program nuklir Republik Islam tersebut dengan imbalan pelonggaran sanksi ekonomi terhadap Teheran.

"Damai dengan Iran adalah biang dari semua perdamaian, perang dengan Iran adalah biang dari segala perang," kata Rouhani saat memuji Menteri Mohammad Javad Zarif di Kementerian Luar Negeri setelah AS menjatuhkan sanksi terhadapnya sejak 31 Juli.

"Jika AS ingin berunding dengan Iran maka mereka harus mencabut semua sanksi," demikian penegasan Rouhani, dengan catatan bahwa Iran diizinkan untuk mengekspor minyak.

Sumber: Reuters

Baca juga: Iran siap berunding kalau AS cabut sanksi

Baca juga: Presiden: Iran tidak ingin berperang dengan AS

Pewarta : Asri Mayang Sari
Editor: Chaidar Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar