Harga jual kambing bervariasi antara Rp1,8 juta hingga Rp5 juta per ekor. Sedangkan untuk sapi dijual dengan harga Rp21 juta
Yogyakarta (ANTARA) - Harga jual hewan kurban di Kota Yogyakarta pada tahun ini rata-rata mengalami kenaikan sekitar 10 persen dibanding harga jual tahun lalu.

“Harga jual hewan kurban di beberapa pedagang di pasar tiban pada tahun ini mengalami kenaikan sekitar 10 persen dan hal ini bisa berpengaruh pada jumlah penjualan hewan kurban tahun ini,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Yogyakarta Sugeng Darmanto di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, jumlah hewan kurban yang dijual di pasar-pasar tiban di Kota Yogyakarta belum terdata secara pasti karena hewan kurban masih terus keluar masuk Kota Yogyakarta.

Sedangkan fluktuasi harga jual hewan kurban, lanjutnya berbanding dengan besar hewan. “Karena ada kenaikan harga, maka bisa berpengaruh pada menurunnya jumlah hewan kurban tahun ini,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Pusat Pengadaan Hewan Qurban Angkatan Muda Muhammadiyah Kotagede Budi Setiawan mengatakan, menyediakan hewan kurban berupa sapi dan kambing. Untuk kambing ada berbagai jenis, mulai dari domba, kambing etawa hingga kambing Merino yang memiliki ukuran tubuh sangat besar.

Kambing didatangkan langsung dari peternak di Parakan Temanggung, sedangkan sapi juga didatangkan langsung dari peternak di Paliyan Gunung Kidul.

Pada tahun ini, PPHQ AMM Kotagede menargekan mampu menjual 400 ekor kambing dan tujuh atau delapan ekor sapi.

“Harga jual kambing bervariasi antara Rp1,8 juta hingga Rp5 juta per ekor. Sedangkan untuk sapi dijual dengan harga Rp21 juta untuk satu orang atau Rp3 juta untuk sepertujuh,” katanya.

Sementara itu, di PPHQ Jogja-Qu, harga jual hewan kurban juga hampir sama yaitu Rp1,7 juta hingga Rp5 juta per ekor untuk kambing, sedangkan untuk sapi Rp21 juta sudah termasuk biaya penyembelihan atau pembeli bisa membeli sepertujuh sapi dengan harga Rp3 juta.

Pada tahun ini, tempat penjualan hewan kurban tersebut berencana menyediakan sebanyak 125 ekor kambing dan 10 ekor lembu atau lebih banyak dibanding penjualan tahun lalu sebanyak 98 kambing dan tujuh ekor sapi.


Baca juga: Meski mahal, kambing etawa paling diburu untuk kurban
Baca juga: Kementan perkirakan kebutuhan kambing/domba untuk kurban 25 juta ekor
Baca juga: Anggota DPRD DKI dukung pengaturan pedagang hewan kurban di trotoar


Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019